Kamis 23 Nov 2023 05:55 WIB

Busana yang Kelak Dipakai 70 Ribu Pengikut Dajjal yang Keluar dari Iran?

Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Dajjal/ilustrasi. Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat
Foto: conmedisys.com
Dajjal/ilustrasi. Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Orang-orang Yahudi Isfahan atau Ashbahan di Khurasan, Iran, akan menjadi pengikut setia Dajjal. Jumlah mereka sebanyak 70 ribu orang dan menyambut kemunculan Dajjal pada akhir zaman. 

Di antara ciri Yahudi pengikut Dajjal itu adalah mereka mengenakan busana berupa jubah berwarna hijau. Ini sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW: 

Baca Juga

حَدَّثَنَا مَنْصُورُ بْنُ أَبِي مُزَاحِمٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ عَنْ الْأَوْزَاعِيِّ عَنْ إِسْحَققَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ عَمِّهِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ  صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَتْبَعُ الدَّجَّالَ مِنْ يَهُودِ أَصْبَهَانَ سَبْعُونَ أَلْفًا عَلَيْهِمْ الطَّيَالِسَةُ 

“Telah menceritakan kepada kami Manhsur bin Abu Muzahim telah menceritakan kepada kami Yahya bin Hamzah dari Al Auza'i dari Ishaq bin Abdullah dari pamannya, Anas bin Malik Rasulullah SAW bersabda, “Dajjal diikuti Yahudi Ashbahan sebanyak tujuh puluh ribu, mereka mengenakan jubah hijau.” (HR Muslim nomor 5237).  

 

Ibnu Katsir dalam kitab Nihayah al-Fitan wa Ahwal Akhir aZ-Zaman yang diterjemahkan Anshori Umar Sitanggal dan Imron Hasan dalam buku Huru Hara Hari Kiamat yang diterbitkan Pustaka Al Kautsar halaman 122 menjelaskan bahwa Dajjal akan keluar dari daerah Isfahan, yaitu dari perkampungan di sana yang disebut Yahudiyah.

Waktu itu dia dibantu oleh 70 ribu bala tentara Yahudi yang tinggal di kota itu. Mereka bersenjata lengkap dan mengenakan pakaian kebesaran berupa jubah hijau. Juga dibantu pula 70 ribu bala tentara Tartar dan beberapa orang dari Khurasan. 

Dilansir dorar.net dalam penjelasan tentang hadits di atas sebagaimana Syarah hadits Imam Muslim dijelaskan bahwa yang dimaksud at thoyalisatu adalah yaitu adalah pakaian khas Yahudi yang bergaris berwarna hijau.

ويكونُ هؤلاء اليهودُ يَلبَسون الطَّيالسةَ، وهوَ الثَّوبُ الَّذي به خُطوطٌ، وهو كِساءٌ يُوضَعُ على الكتِفِ، أَو يُحِيط بالبَدنِ، مثلُ الرِّداءِ أو العَباءةِ، 

“Dan adapun orang-orang Yahudi akan memakai thoyalisah, yaitu pakaian yang mempunyai garis-garis, yaitu pakaian yang ditaruh di atas bahu atau mengelilingi tubuh, seperti selendang atau jubah.  

Meski begitu ada sebagian ulama menyebut pakaian itu adalah selendang yang dapat menyelimuti tubuh berwarna hijau dan itu menjadi pakaian orang Yahudi zaman dulu dan juga digunakan orang Persia. wallahu'alam

Baca juga: Sungai Eufrat Mengering Tanda Kiamat, Bagaimana dengan Gunung Emasnya?

Akan tetapi ketika Dajjal keluar, orang-orang Yahudi ini mengalami perubahan wajah menjadi bengkak-bengkak seperti tameng atau perisai. Sebagaimana dalam hadits berikut :

حَدَّثَنَا رَوْحٌ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَرُوبَةَ عَنْ أَبِي التَّيَّاحِ عَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ سُبَييْعٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ حُرَيْثٍ عَنْ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ قَالَ حَدَّثثَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ الدَّجَّالَ يَخْرُجُ مِنْ أَرْضٍ بِالْمَشْرِقِ يُقَالُ لَهَا خُرَاسَانُ يَتَّبِعُهُ أَقْوَامٌ كَأَنَّ وُجُوهَهُمْ الْمَجَانُّ الْمُطْرَقَةُ

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Rauh dia berkata; Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi 'Arubah dari Abu At Taiyyah dari Al Mughirah Bin Subai' dari 'Amru Bin Huraits dari Abu Bakar Ash Shiddiq, dia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bercerita kepada kami bahwasannya Dajjal akan keluar dari bumi bagian timur yang disebut Khurasan, banyak orang yang mengikutinya, seakan akan wajah mereka seperti tameng yang dipalu.” (HR Ahmad). 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement