Selasa 10 Oct 2023 14:04 WIB

3 Keutamaan Membaca Ayat Kursi Selepas Sholat

Ayat Kursi merupakan gambaran tentang kekuasaan Allah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Siswa penyandang disabilitas membaca Alquran (tadarus) menggunakan bahasa isyarat di Masjid Ar Rahman Pusyansos Griya Harapan Difabel Dinsos Jabar, Kota Cimahi, Rabu (12/4/2023). Kegiatan yang diikuti oleh sedikitnya 35 siswa penyandang disabilitas tersebut dalam rangka mengisi waktu luang di bulan Ramadhan dengan memperdalam ilmu agama, membaca Alquran, ibadah dan hafalan doa.
Foto:

Keutamaan Ayat Kursi

1. Ayat Kursi Merupakan Ayat yang Paling Agung

Di antara semua ayat dalam Alquran, Ayat Kursi merupakan yang paling agung. Mengenai keutamaan Ayat Kursi, Rasulullah Saw. pernah mengajukan suatu pertanyaan kepada Ubay bin Ka'ab, “Ayat mana yang paling agung dalam Kitabullah, wahai Abu Mundzir?" Ubay menjawab, "Ayat Kursi." Rasulullah Saw. lantas menepuk dada Ubay bin Ka'ab seraya berkata, "Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang telah engkau miliki." (HR. Muslim).

Salah satu alasan yang menjadikan Ayat Kursi istimewa karena dalamnya terdapat asma (nama-nama) Allah Swt yang paling agung, yaitu al-hayyu dan al-qayyum. Barang siapa membaca atau mewiridkan asma Allah Swt ini, niscaya ia akan memperoleh keberkahan dan keberuntungan di dunia dan akhirat.

2. Keagungan Ayat Kursi Melebihi Langit dan Bumi

Keistimewaan Ayat Kursi lainnya ialah bahwa keagungan Ayat Kursi melebihi keagungan langit dan bumi. Rasulullah Saw bersabda, "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalamnya telah mencakup nama dan sifat Allah)." Sufyan ats-Tsauri lantas berkata, “Ayat Kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sementara kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah Swt. yang berupa langit dan bumi.” (HR. Tirmidzi).

3. Dijaga dari Setan Sampai Pagi

Keutamaan ketiga dari Ayat Kursi ialah memperoleh penjagaan Allah Swt. Barang siapa membaca Ayat Kursi sebelum tidur maka ia akan dijauhkan dari setan yang berniat mengganggunya. Rasulullah Saw bersabda:

"Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah Swt. akan senantiasa menjagamu, dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi." (HR. Bukhari).

Bacaan ayat kursi...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement