Rabu 04 Oct 2023 14:07 WIB

Setan Masih Menyesatkan Manusia di Alam Kubur?

Setan tak berhenti menyesatkan manusia.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Setan tak berhenti menyesatkan manusia. Foto: Setan (ilustrasi)
Foto: thesatanictemple.com
Setan tak berhenti menyesatkan manusia. Foto: Setan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Setan tak berhenti menyesatkan manusia hingga menyekutukan Allah ta'ala. Bahkan ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa setan pun masih berupaya menyesatkan manusia saat di dalam kubur yakni ketika manusia ditanya tentang siapa Tuhannya. 

Dalam keadaan itu, disebutkan bahwa setan hadir kepada orang yang meninggal itu, dan setan mengklai. kepada orang yang meninggal itu bahwa ia adalah Tuhan. 

Baca Juga

وروي عن سفيان الثوري رضي الله عنه ، أنه قال: إذا سئل الميت من ربك ، تزايا له الشيطان في صورة فيشير إلى نفسه: إني أنا ربك. 

Artinya: Diriwayatkan dari Sufyan ats Tsauri.r.a beliau berkata: Ketika ditanya mayat tentang Tuhannya, maka setan memperlihatkan dirinya pada mayat itu dalam bentuknya, makansetan menunjuk ke dirinya sendiri: Sesungguhnya aku adalah tuhanmu. 

 

(Lihat Imam Qurthubi dalam kitab at Tadzkirah halaman 333 yang diterbitkan Maktabah Darul Minhaj).

Menurut Abi Abdullah, apa yang dilakukan setan terhadap ahli kubur itu adalah bagian dari fitnah kubur. Tentunya orang-orang yang memiliki keimanan yang kokoh tidak akan terbujuk oleh tipu daya setan sehingga selamat di alam barzah. Oleh karena itu Rasulullah SAW mengajarkan doa agar memiliki kekokohan iman dan terhindar dari bujuk setan ketika di alam kubur. 

اللَّهُمَّ ثَبِّتْ عِنْدَ الْمَسْأَلَةِ مَنْطِقُهُ ، وَافْتَحْ أَبْوَابَ السَّمَاءِ لِرُوحِهِ.

Allahumma Tsabit 'indal masalati mantiquhu waftah abwabas sampai liruhihi. 

Artinya:Ya Allah berikanlah keteguhan iman ketika ditanya di dalam kubur dan bukakanlah pintu-pintu langit bagi rohku.

قال أبو عبد الله: فهذه فتنة عظيمة ؛ ولذلك كان رسول الله ﷺ يدعو بالثبات فيقول: اللهم ثبت عند المسألة منطقه ، وافتح أبواب السماء لروحه. فلو لم يكن للشيطان هناك سبيل ما كان ليدعو له رسول الله ﷺ أن يجيره من الشيطان ، فهذا تحقيق لما روي عن سفيان 

Abu Abdullah mengatakan: maka hal tersebut adalah fitnah yang berat. Dan oleh karena itu Rasulullah SAW mengajarkan untuk berdoa meneguhkan keimanan, beliau berdoa: (Ya Allah berikanlah keteguhan iman ketika ditanya di dalam kubur dan bukakanlah pintu-pintu langit bagi rohku). Maka tidak ada bagi setan jalan karena Rasulullah telah berdoa agar terhindar dari bujukan setan. Ini ditahqiq (ditetapkan) ketika diriwayatkan Sufyan. (kitab at Tadzkirah halaman 333).

Selain itu, sangat dianjurkan bagi setiap Muslim sering membaca surat Al Ikhlasi. Sebab banyak keutamaan dalam surat Al Ikhlas. Salah satunya adalah menyelamatkan saat berada di dalam kubur. Sebagaimana disebutkan dalam satu riwayat bahwa orang yang membaca surat Al Ikhlas akan terbebas dari fitnah dan himpitan kubur. 

ذكر أبو نعيم من حديث أبي العلاء يزيد بن عبد الله بن الشخير عن أبيه قال: قال رسول الله ﷺ: من قرأ : قل هو الله أحد. من مرضه الذي يموت فيه لم يفتن في قبره ، وأمن من ضغطة القبر ، وحملته الملائكة يوم القيامة بأكفها حتى تجيزه من الصراط إلى الجنة ، قال: هذا حديث غريب 

Artinya: Abu Nu'aim meriwayatkan hadits dari Abi al 'Ala Yazid bin Abdullah bin Syukhair dari ayahnya, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: barangsiapa membaca Qul Huwallahu ahad, saat sakit yang membuatnya mati maka dia tidak akan terkena fitnah di dalam kubur dan selamat dari himpitan kubur, dan para malaikat akan membawanya pada hari kiamat dengan tangannya hingga melewati shirat sampai ke surga. Dia berkata hadits ini Gharib. (Lihat Imam Qurthubi dalam kitab at Tadzkirah halaman 330 yang diterbitkan Maktabah Darul Minhaj).

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement