Selasa 03 Oct 2023 20:35 WIB

Tiga Solusi Islami Saat Kekeringan Terjadi

Banyak beberapa daerah mengalami kemarau.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Musim kemarau. Ilustrasi
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Musim kemarau. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Saat ini banyak beberapa daerah mengalami kemarau dan kekeringan air, kebakaran hutan, polusi udara yang buruk dan tidak sehat, dan lain sebagainya. Di saat-saat seperti ini, manusia merindukan kehadiran air dan turunnya air hujan sebagai manfaat bagi kehidupan. 

"Allah telah mensyariatkan kepada hamba-Nya beberapa amalan yang lebih baik dan lebih dominan turunnya hujan daripada usaha-usaha hujan buatan yang belum pasti berhasil, apalagi ritual-ritual yang tidak ada tuntunannya dalam agama," kata Ustadz Yusuf Abu Ubaidah As Sidawi melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga

Berikut di antara amalan tersebut adalah : 

1. Istighfar kepada Allah

Setiap musibah adalah karena dosa hamba. Dan musibah tidak akan hilang kecuali dengan bertobat dan istighfar kepadaNya.

Ibnu Subaih berkata: "Pernah ada seorang datang mengadu kepada Hasan Bashri akan kemarau yang berkepanjangan, maka beliau berkata kepada orang tersebut: "Perbanyaklah istighfar (atau) minta ampun kepada Allah!" Ada orang datang lagi mengeluhkan kemiskinan yang menimpanya, maka beliau berkata kepadanya: "Perbanyaklah istighfar kepada Allah!" 

Orang ketiga datang mengadu seraya berkata: "Tolong doakan saya agar dikarunia anak!" Beliau pun menjawab: "Perbanyaklah istighfar kepada Allah!" 

Orang keempat datang juga mengeluhkan kebunnya yang gersang, beliau pun tetap berkata: "Perbanyaklah istighfar kepada Allah!" 

Kami pun heran akan jawabannya yang selalu itu tak berubah dan menanyakannya kepada beliau, lalu beliau berkata: "Jawaban itu bukan dariku, bukankah Allah telah berfirman dalam surat Nuh ayat 10-12."

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

Maka aku katakan kepada mereka: "Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun" niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. (Tafsir Qurthubi 18/261).

2. Doa dan Sholat Istisqo'

Bermunajat meminta kepada Allah agar Allah menurunkan hujan bagi mereka. Oleh karenanya, dalam Islam disyariatkan sholat istisqo yaitu sholat meminta hujan berdasarkan perbuatan Nabi dan para sahabat dan ini adalah pendapat mayoritas ulama Malikiyyah, Syafiiyyah, Hanabilah, dan Zhahiriyyah. Pernah juga Nabi berdoa saat khutbah untuk meminta hujan.

Alquran telah menjelaskan bahwa turunnya hujan dan keberkahan lainnya adalah dengan ketaatan kepada Allah, sebagaimana firman-Nya:

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Al-Arof ayat 96)

3. Sedekah Air

Saling membantu dengan sedekah air dan pembuatan sumur adalah amalan utama di saat kemarau dan kekeringan. Nabi ﷺ bersabda:

 ( أفضل الصدقة سقي الماء)

Sebaik-baik sedekah adalah sedekah air (HR Ahmad dan Abu Dawud').

Suatu saat ada seorang lelaki bertanya kepada Abdullah bin Mubarak tentang borok yang ada di pahanya semenjak tujuh tahun lamanya. Dia telah berobat dengan segala obat yang disarankan dan telah berkonsultasi dengan para ahli kedokteran, tapi semua itu hasilnya nihil. 

Maka Ibnul Mubarak mengatakan kepadanya, “Pergilah dan galilah sumur di tempat yang air sangat dibutuhkan manusia setempat, saya berharap agar sumber mata air sumur tersebut mengalir dan menahan darah yang mengalir darimu.” 

Lelaki itu melaksanakan petuah sang imam, dan Allah menyembuhkannya dari penyakitnya. (Siyar A’lam Nubala 8/407 oleh adz-Dzahabi).

Maka dianjurkan sedekah air saat kemarau dan kekeringan baik dengan pembuatan sumur, pengeboran sumber mata air, dan lain sebagainya. "Semoga Allah menurunkan hujan yang bermanfaat bagi kaum muslimin. Amin," kata Ustadz Yusuf Abu Ubaidah. 

 

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement