Rabu 27 Sep 2023 06:13 WIB

12 Langkah Terhindar dari Bahaya Sihir dan Kekuatan Jahat Lainnya

Sihir merupakan aktivitas jahat yang berkongsi dengan setan

Praktik sihir atau ilmu hitam (ilustrasi)  Sihir merupakan aktivitas jahat yang berkongsi dengan setan
Foto: www.freepik.com
Praktik sihir atau ilmu hitam (ilustrasi) Sihir merupakan aktivitas jahat yang berkongsi dengan setan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Muslim dapat melakukan berbagai upaya dalam menangkal sihir. Atas izin Allah ﷻ sihir dapat ditangkal dengan berbagai kiat yang dijalankan.  

Melalui pesan Telegram yang diterima Republika.co.id, Rabu (27/9/2023), Ustadz Najmi Umar Bakkar mengatakan, sihir adalah mantra-mantra atau jampi-jampi, jimat-jimat atau buhul-buhul (yang ditiup) yang bisa memberikan pengaruh pada badan, hati serta akal manusia dengan izin Allah SWT. 

Baca Juga

Imam Ibnu al-Qayyim رحمه الله berkata, "Sesungguhnya sihir para penyihir akan bekerja secara sempurna bila mengenai hati yang lemah, jiwa-jiwa yang penuh dengan syahwat yang senantiasa bergantung kepada hal-hal rendahan. 

Oleh sebab itu, umumnya sihir banyak mengenai para wanita, dan anak-anak, orang-orang bodoh, orang-orang pedalaman, dan orang-orang yang lemah dalam berpegang teguh kepada agama, sikap tawakal, dan tauhid, serta orang-orang yang tidak memiliki bagian sama sekali dari dzikir-dzikir ilahi dan doa-doa, serta taawwudzaat Nabawiyyah" (Zaadul Ma’aad  IV/116, dengan Tahqiq dan takhrij Syu’aib al-Arnauth dan Abdul Qadir al-Arnauth).  

 

Ustadz Najmi membagikan di antara kiat-kiat agar terhindar dari sihir : 

1. Beriman dgn cara mentauhidkan Allah, serta "bertawakal" kepada-Nya

 إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ إِنَّمَا سُلْطَانُهُ عَلَى الَّذِينَ يَتَوَلَّوْنَهُ وَالَّذِينَ هُمْ بِهِ مُشْرِكُونَ 

"Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang telah beriman dan bertawakkal kepada Rabb-nya. Sesungguhnya kekuasaannya (setan) hanyalah atas orang-orang yg mengambilnya jadi pemimpin, dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah." (QS An-Nahl ayat 99-100) 

2. Berpegang kepada Alquran dan sunnah dengan Pemahaman generasi salaf.

 وَمَنْ يَعْشُ عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمَٰنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ "Barangsiapa berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Mahapemurah (Alquran dan as-Sunnah), maka Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan), maka setan itulah yang menjadi Teman yang selalu menyertainya." QS Az-Zukhruf ayat 36) 

Baca juga: 5 Dalil yang Menjadi Landasan Pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW

3. Banyak membaca Alquran di rumah, terutama membaca surat al-Baqarah. 

عن أبي هريرة رضي الله عنه : أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: لا تجعلوا بيوتكم مَقَابر، إنَّ الشيطان يَنْفِرُ من البيت الذي تُقْرَأُ فيه سورةُ البقرة

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian layaknya kuburan. Sungguh syetan itu lari dari rumah yang telah dibacakan di dalamnya surat al-Baqarah." (HR Muslim no  780, hadits dari Abu Hurairah) 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement