Ahad 17 Sep 2023 15:01 WIB

Islam Juga Kaya Ilmuwan Pakar Huruf-Huruf Mesir Kuno, Mengapa Sampai Tertarik?  

Para cendekiawan Muslim banyak pelajari huruf-huruf Mesir kuno

Huruf hieroglif Mesir kuno. Para cendekiawan Muslim banyak pelajari huruf-huruf Mesir kuno
Foto:

Banyaknya prasasti bertuliskan hieroglif ataupun situs-situs kuno yang ada di Mesir menjadi sebuah keuntungan bagi Muslim untuk melakukan kajian tentang tempat-tempat tersebut atau menuliskannya sebagai sebuah kajian ilmu pengetahuan. 

El-Daly mengungkapkan, ada gambar-gambar awal atau bahkan paling awal mengenai sebuah situs arkeologi yang dibuat oleh cendekiawan Muslim. Gambar ini menunjukkan sebuah piramida Al-Lahoon yang ada di Mesir Tengah. 

Ada pula gambar mercusuar kuno di Alexandria yang sangat terkenal dan dibuat oleh Abu Hamid Al-Gharnati. 

Terkadang, seorang cendekiawan Muslim begitu terkesan dengan monumen Mesir kuno yang kemudian ia kaji seluruh aspeknya dalam sebuah karya tulis. 

Sebut saja, karya besar yang dihasilkan oleh Abu Ja'far Al-Idrisi yang mengembuskan napas terakhir pada 1251 Masehi. Ia menulis buku dalam sejumlah volume mengenai piramida Giza dan beberapa buku yang menguraikan sejarah Mesir kuno. 

Selain itu, ada pula Abu Al-Qaseem Al-'Iraqi. Cendekiawan ini hidup pada abad ke-14. Ia berasal dari Irak dan kemudian hidup di Mesir.

Hal terpenting dari buku-buku para cendekiawan tersebut adalah banyaknya simbol-simbol Mesir dan hieroglif di dalamnya. 

Buku-buku mereka juga memuat simbol yang paling penting dari masa Mesir kuno yang disebut Oroboros atau ular yang memakan ekornya sendiri. Simbol itu memiliki makna tentang keabadian atau regenerasi. Simbol itu digunakan di bidang kimia, di dunia Islam, dan Latin. 

Baca juga: 10 Fakta Adam dan Keluarganya Setelah Berada di Bumi yang Juga Disebutkan dalam Alquran

Ada pula yang menyebutkan bahwa cendekiawan paling awal yang diyakini menuliskan sebuah ensiklopedia tentang manuskrip-manuskrip kuno, termasuk dari Mesir kuno, adalah Jabir ibn Hayan yang hidup pada abad ke-8. Sayangnya, buku tersebut sudah tidak dapat dilacak lagi. 

Menurut Al-Idrisi, buku lain yang ditulis seorang cendekiawan dari Mesir yang bernama Ayub Ibn Maslamah tentang manuskrip Mesir kuno juga tak ditemukan jejaknya. Namun, diyakini, cendekiawan-cendekiawan Muslim telah melahirkan karya yang bermanfaat. 

 

El-Daly mengungkapkan, tak begitu banyak sumber yang menyebutkan kontribusi cendekiawan Muslim dalam mengurai rahasia hieroglif Mesir. Namun, harus diakui, langkah awal mereka merintis jalan dalam mengkaji hieroglif dan budaya Mesir kuno.  

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement