Selasa 12 Sep 2023 11:43 WIB

Lima Kitab Maulid Nabi Muhammad yang Populer di Indonesia (4-Habis)

Maulid Nabi Muhammad diperingati pada bulan Rabiul Awal.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Santri mengaji dalam peringatan maulid Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Santri mengaji dalam peringatan maulid Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,

5) Ad Dhiya Ulami

Baca Juga

Maulid Ad Dhiya Ulami menjadi kitab maulid paling terkini dan tengah populer terutama dikalangan generasi muda. Kitab Maulid Ad Dhiya Ulami disusun oleh Habib Umar bin Hafidz  pada tahun 1994 di Kota Syihir, dekat Mukalla, Hadramaut. 

Banyak rahasia terpendam dalam kitab Maulid ini, di antaranya adalah bahwa mukaddimahnya ada 12 bait, melambangkan kelahiran Rasul saw pada tangggal 12. Lalu bagian pertama terdiri dan diambil dari tiga surat, yaitu Surat Al-Fath, Surat At-Taubah, dan Surat Al-Ahzab. Tiga surat ini melambangkan lahirnya Rasulullah SAW pada bulan tiga (Rabi’ul Awal). Kemudian jika dicermati akan ditemukan bahwa bait-baitnya berjumlah 63, yang melambangkan usia Rasulullah SAW adalah 63 tahun.

 

Di Indonesia, maulid Ad Dhiya Ulami menjadi sangat populer tak lepas dari keberadaan Majelis Rasulullah SAW yang didirikan oleh  (alm) Habib Munzir Al Musawa. 

Bacaan maulid nabi maulid Ad Dhiya Ulami Muhammad SAW menggema saban Senin malam di Masjid Al Munawwar, Pancoran, Jakarta Selatan. Ini adalah agenda rutin Jalsatul Itsnain-Majelis Rasulullah SAW. Ribuan jamaah membaca shalawat serta syair-syair yang berisi sejarah perjalanan hidup dan pujian kepada Rasulullah serta keluarganya yang termuat dalam kitab maulid Ahdiya Ulami karya Al Habib Umar bin Salim al Hafidz.

Sejak didirikan oleh (alm) Habib Munzir Al Musawa  pada 1998, Majelis Rasulullah (MR) kini telah berkembang pesat. Kehadirannya di Ibu Kota Jakarta serta daerah-daerah lainnya telah menyedot antusias yang begitu besar dan membangkitkan semangat masyarakat untuk terbiasa menghadiri majelis dan membaca maulid. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement