Sabtu 09 Sep 2023 03:45 WIB

Ketika Malaikat Jibril Temui Siti Maryam tentang Kabar Kehamilan

Malaikat Jibril membawa kabar gembira sekaligus ujian bagi Siti Maryam.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto:

Di sanalah Jibril mendatanginya dengan wujud sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Surat Maryam ayat 17, “Fatamatssala laha basyaran sawiyyan.” Yang artinya, “Maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.”

Ketika Maryam melihatnya, ia berlindung kepada Allah. Lalu Jibril berkata kepada Maryam, “Sesungguhnya aku bukan manusia biasa, akan tetapi seorang malaikat yang diutus Allah kepadamu,”. Jibril melanjutkan kata-katanya sebagaimana terekam dalam Surat Maryam ayat 19, “Li-ahaba laki ghulaman zakiyyan.” Yang artinya, “… Untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci.”

Lantas Maryam bertanya, “Bagaimana aku punya anak, padahal aku tidak memiliki suami dan bukan wanita pezina?” Jibril menjawab, “Sesungguhnya Allah berjanji akan menciptakan seorang anak pada dirimu, walaupun engkau tidak memiliki suami dan bukan wanita pezina. Hal ini sangat mudah bagi-Nya dan akan menjadi rahmat bagi semua hamba-Nya.”

Kemudian Jibril meniupkan ruh ke dalam kantong baju Maryam dan seketika, Maryam pun mengandung. Maryam mengandung selama sembilan bulan.

Ketika kabar kehamilan Maryam mulai menyebar, tidak ada seorang pun yang datang kepada keluarga Zakaria. Sebagian orang ateis menuduh Maryam telah berbuat mesum dengan Yusuf An-Najar, sepupunya, yang sering beribadah dengannya di masjid.

Mengasingkan diri...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement