Sabtu 09 Sep 2023 03:45 WIB

Ketika Malaikat Jibril Temui Siti Maryam tentang Kabar Kehamilan

Malaikat Jibril membawa kabar gembira sekaligus ujian bagi Siti Maryam.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto: Mgrol120
Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siti Maryam merupakan ibunda Nabi Isa AS, wanita suci dan mulia yang tidak pernah disentuh laki-laki. Maka, ketika Malaikat Jibril datang menemuinya, betapa terkejutnya ia dengan kabar yang disampaikan sang malaikat.

Ibnu Katsir dalam kitab Mukhtashar al Bidayah wa an Nihayah menjelaskan, Siti Maryam berada di bawah asuhan Nabi Zakariya AS. Ia membuatkan sebuah mihrab untuk Maryam di Baitul Maqdis. Ketika tumbuh dewasa, ia sangat rajin beribadah.

Baca Juga

Maka, malaikat pun menyampaikan suatu berita gembira kepadanya yang sekaligus mengagetkan. Bahwa Allah memilihnya untuk dianugerahi seorang anak suci yang akan menjadi seorang Nabi yang mulia dan didukung dengan berbagai mukjizat.

Maryam sangat terkejut dengan kabar hadirnya seorang anak dari rahimnya tanpa ayah, sebab ia tidak punya suami. Malaikat mengabarkan kepadanya bahwa Allah Maha Kuasa untuk melakukan apapun yang Dia kehendaki. Maka, Maryam pun berpasrah.

Namun, ia juga menyadari kabar itu juga merupakan ujian baginya, sebab dapat dipastikan berbagai fitnah akan muncul menghampiri namanya. Suatu ketika pada suatu hari, Maryam keluar untuk kepentingan berkaitan dengan upaya mendapatkan makanan dan minuman. Ia menyendiri di sebelah Timur Masjid Al Aqsa.

Di sanalah Jibril mendatanginya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement