Kamis 10 Aug 2023 14:27 WIB

Siapa yang Wajib Menafkahi Orang Tua Setelah Anak Berkeluarga?

Menafkahi orang tua adalah kewajiban penting yang ditekankan dalam ajaran agama.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Siapa yang Wajib Menafkahi Orang Tua Setelah Anak Berkeluarga?. Foto: Kesehatan lansia (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Siapa yang Wajib Menafkahi Orang Tua Setelah Anak Berkeluarga?. Foto: Kesehatan lansia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Islam, menafkahi orang tua adalah kewajiban penting yang ditekankan dalam ajaran agama. Hal ini dianggap sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap peran orang tua dalam merawat dan membesarkan anak-anak.

Dalam Surat Luqman ayat 14, Allah SWT telah meminta manusia untuk berbakti kepada orang tua dalam segala hal.

Baca Juga

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Artinya: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (QS Luqman [31]: (14).

 

Kewajiban menafkahi orang tua tidak berakhir setelah anak berkeluarga. Ini adalah kewajiban seumur hidup, yang berarti anak harus terus memberikan dukungan finansial dan emosional kepada orang tua mereka selama mereka masih hidup dan membutuhkannya.

Lalu siapa yang wajib menafkahi orang tua setelah anak berkeluarga?

Dalam konteks Islam, kewajiban menafkahi orang tua berlaku untuk setiap keturunannya, baik bagi anak laki-laki maupun anak perempuan. Namun, dalam beberapa situasi, anak laki-laki mungkin memiliki kewajiban yang lebih besar atau lebih kuat dalam hal ini.

Menafkahi orang tua bukan hanya masalah dukungan finansial semata, tetapi juga mencakup penghormatan, perawatan, dan perhatian terhadap orang tua. Hal ini mencakup membantu mereka secara emosional dan fisik, terutama ketika mereka membutuhkan perawatan khusus di usia tua.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement