Kamis 27 Jul 2023 02:29 WIB

UAS Anjurkan Amalan Ini Bagi yang tak Bisa Puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharram

Dalam kalender Masehi, puasa Tasua dan Asyura jatuh pada 27 dan 28 Juli 2023.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ustadz Abdul Somad (UAS). UAS Anjurkan Amalan Ini Bagi yang tak Bisa Puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharram
Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Ustadz Abdul Somad (UAS). UAS Anjurkan Amalan Ini Bagi yang tak Bisa Puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muharram adalah bulan pertama dalam kalender hijriyah. Muharram juga bulan di mana Allah telah mengharamkan terjadinya peperangan dan pertumpahan darah, atau bisa juga ditafsirkan sebagai bulan dilarang untuk berbuat dosa.

Pada bulan ini, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk melakukan puasa Tasu'a atau puasa asyura, yaitu pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Dalam kalender Masehi, puasa asyura akan jatuh pada 27 dan 28 Juli 2023.

Baca Juga

Namun, tidak semua umat muslim dapat melaksanakan puasa Asyura ini. Misalnya, wanita yang sedang haid pada tanggal 9 dan 10 Muharram, maka tidak bisa melakukan puasa asyura, sehingga agar tetap mendapatkan keutamaan bulan ini, bisa menggantinya dengan amalan yang lain.

Begitu juga dengan lansia yang sakit-sakitan atau kuli bangunan atau pekerja berat lainnya, yang mungkin tidak sanggup bila melaksanakan puasa sunnah ini. Sehingga dapat mengerjakan amalan lainnya agar tetap bisa mendapatkan keutamaan bulan Muharram.

 

Ustadz Abdul Samad (UAS) dalam ceramahnya yang diunggah oleh akun Youtube Taman Surga Net, menyampaikan ada lima keutamaan yang bisa dilakukan Muslim di bulan Muharram, yakni puasa sunnah, sholat sunnah, membaca Alquran, berdzikir, dan shadaqah.

Menurut UAS, puasa sunnah yang bisa dikerjakan...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement