Kamis 27 Jul 2023 02:29 WIB

UAS Anjurkan Amalan Ini Bagi yang tak Bisa Puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharram

Dalam kalender Masehi, puasa Tasua dan Asyura jatuh pada 27 dan 28 Juli 2023.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ustadz Abdul Somad (UAS). UAS Anjurkan Amalan Ini Bagi yang tak Bisa Puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharram
Foto:

Menurut UAS, sapaan akrab ustadz Abdul Somad, puasa sunnah yang bisa dikerjakan pada bulan ini antara lain puasa Asyura, puasa Nabi Daud, puasa senin-kamis, atau puasa ayyamul bidh.

“Tapi jika tidak kuat puasa, maka memperbanyak sembahyang (sholat) sunnah,” kata UAS.

Menurut UAS, banyak sekali sholat sunnah yang bisa dikerjakan, di antaranya sholat sunnah tahiyatul masjid, sholat sunnah qobliyah dan ba'diyah, sholat dhuha, sholat isyraq, sholat awwabin, sholat tasbih, sholat hajat, sholat tahajud, sholat witir, sholat sunnah wudhu, dan sholat sunnah mutlak.

Jika puasa dan sholat pun seorang Muslim tersebut masih tidak sanggup, ujar UAS, maka bisa dengan membaca Alquran. Paling utama adalah mengkhatamkan Alquran.Jika tidak sanggup, maka membaca Surat Yasin saja, jika masih tidak sanggup maka membaca surat Al Ikhlas tiga kali, Al Falaq satu kali, An Naas satu kali, dan Al Fatihah satu kali.

“Kenapa membacanya (Al Ikhlas) tiga kali? Ada sahabat qatadah bin Nu'man yang tiap malam dia sembahyang ayatnya (yang dibaca) qul huwallah-qul huwallah-qul huwallah, sahabat lapor ke Nabi lalu kata Nabi, satu qul sama dengan 1/3 alquran maka kita baca qul huwallah 3 kali macam kita mengkhatamkan Alquran,” kata UAS.

“Saya baca qul huwallah pun juga tak kuat ustadz? Baca Al Fatihah, ummul quran, Al Fatihah (adalah) membuka, membuka segala yang tertutup dibuka, rezeki tertutup dibuka, jodoh tertutup dibuka dengan baca Al Fatihah,” ujar UAS.

Jika masih tidak sanggup juga...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement