Kamis 22 Jun 2023 15:09 WIB

Amalan 10 Hari Pertama Dzulhijah, Jangan Lupa Amalkan

Rasulullah pun memberikan anjuran untuk mengamalkan beberapa sunnah.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Amalan 10 Hari Pertama Dzulhijjah, Jangan Lupa Amalkan
Foto: Data Republika
Amalan 10 Hari Pertama Dzulhijjah, Jangan Lupa Amalkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini telah memasuki bulan Dzulhijah, Rasulullah pun memberikan anjuran untuk mengamalkan beberapa sunah.

Pengurus Bidang Dakwah MIUMI Yogyakarta Nanung Danar Dono menyebutkan hadis, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma, beliau berkata:

Baca Juga

« مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

“Tidak ada satu amal saleh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal saleh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijah).” Para sahabat bertanya, “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi ﷺ menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya, tapi tidak ada yang kembali satu pun.“ (HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968).

 

Syaikh Al Albani menyatakan, hadis ini sahih. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini sahih sesuai syarat Bukhari-Muslim.

Hadits ini menunjukkan bahwa Rasulullah memberikan bocoran info bahwa Allah sangat mencintai amal sholeh hamba-Nya yang dilakukan pada 10 hari awal Dzulhijah. Keutamaan amal saleh yang dilakukan di awal bulan Dzulhijah ini bahkan digambarkan lebih dari keutamaan amal-amal saleh yang lain.

Meskipun sangat utama, keutamaannya memang belum bisa menandingi amal paling istimewa tiada tanding, yaitu berjihad di jalan Allah hingga mendapatkan syahid.

Banyak amal saleh yang bisa kita lakukan di awal bulan Dzulhijah ini, seperti memperbanyak puasa sunah, sholat sunah, tilawah Alquran, zakat, infak, sedekah, aktivitas membantu orang lain. Selain itu, meringankan beban saudaranya sesama muslim.

Selain itu, juga Muslim hendaknya menjaga kemakmuran dan keindahan rumah Allah (masjid), mendoakan kebaikan bagi sesama Muslim dan menyantuni anak-anak yatim piatu. Semoga kegemaran kita memperbanyak amal saleh di bulan Dzulhijah ini membuat Allah semakin mencintai kita.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement