Kamis 08 Jun 2023 08:53 WIB

Air Mata Salahuddin Kala Dengar Alquran, Sosok yang Sukses Ubah Mesir dari Syiah ke Sunni

Salahuddin al-Ayyubi merupakan pemimpin teladan umat

Rep: Kamran Dikarma, Zahrotul Oktaviani / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Al-Azhar Mesir. Salahuddin al-Ayyubi merupakan pemimpin teladan umat
Foto:

Kemudian, dalam perjalanannya, Al-Azhar tidak hanya fokus dalam pengajaran ilmu-ilmu keislaman, tapi juga merambah ilmu pengetahuan umum, seperti ekonomi, psikologi, kedokteran, matematika, teknik, dan lainnya. 

Siapa Salahuddin al-Ayyubi?

Salahuddin  al-Ayyubi lahir pada 1138 M di Kota Tikrit, Irak. Ia berasal dari kalangan 'ajam atau non-Arab, tepatnya suku Kurdi. Kondisi dunia Islam saat kelahirannya berada pada masa pancaroba. Ketenaran kekhalifahan Abbasiyah kala itu sedang menurun, sementara Dinasti Saljuk sedang meningkat. Secara de facto, Abbasiyah berada di bawah kendali Dinasti Saljuk.

Setelah lahirnya Salahuddin , keluarga ini terpaksa meninggalkan Tikrit. Sang ayah merasa kelahirannya hanya menyusahkan dan merugikan. Namun, ada seseorang yang menasihati dan berkata, "Engkau tidak pernah tahu, bisa jadi anakmu ini akan menjadi seorang raja yang reputasinya sangat cemerlang."

Dari daerah asalnya, keluarga ini berpindah ke Mosul. Najmuddin Ayyub, ayah Salahuddin , menemukan tempat tinggal di kediaman pemimpin besar bernama Imaduddin az-Zanki. Keluarga baru ini disambut dengan hangat dan baik.

Di lingkungan baru, Salahuddin  diajarkan menunggang kuda, menggunakan senjata, mempelajari Alquran, menghafal hadits-hadits Nabi SAW, dan belajar bahasa serta sastra Arab.

Ia tumbuh di lingkungan yang sangat mencintai jihad. Murid Nuruddin Mahmud Zanki ini juga dikenal sebagai pribadi yang suka mendengar bacaan Alquran hingga ia sendiri yang memilih para imam shalat. Salahuddin  juga merupakan sosok yang teramat lembut hatinya sehingga selalu menetes air matanya saat mendengar dibacakannya ayat-ayat Alquran.

Pada 1169, ia diangkat menjadi wazir (perdana menteri) dan menerima tugas mempertahankan Mesir dari serangan raja latin Yerusalem, khususnya Amalric I. Kedudukannya saat itu cukup sulit karena sedikit orang yang beranggapan ia akan berada cukup lama di Mesir, mengingat sebelumnya telah banyak terjadi pergantian kekuasaan yang disebabkan bentrok antaranak-anak Kalifah untuk posisi wazir.

Baca juga: Masuk Islam, Zilla Fatu Putra Umaga Pegulat WWE Ini Beberkan Alasannya yang Mengejutkan

Sebagai pemimpin dari pasukan asing Suriah, dia juga tidak memiliki ke kuasaan atas pasukan Syiah Mesir yang masih berada di bawah khalifah yang lemah, Al-Adid. "Ketika Tuhan memberiku negeri Mesir, aku yakin bahwa Dia juga bermaksud memberiku tanah Palestina," katanya waktu itu.

Salahuddin  Al Ayyubi akhirnya berhasil mendirikan Dinasti Ayyubiyah di Mesir, menggantikan Dinasti Fatimi yah. Kisah keberhasilannya menyebar ke mana-mana. Satu per satu wilayah di sekitar Mesir jatuh, termasuk wilayah di sepanjang pesisir laut merah dan sebagian jazirah Arab hingga Damaskus di Suriah.

Penaklukan Suriah dilakukan setelah pada 1174, Nuruddin atasan Sha lah uddin sebelumnya di Damaskus meninggal dunia. Ia mewariskan keturunan yang lemah untuk memimpin wilayah tersebut. Atas pertimbangan inilah, Salahuddin  kemudian mengambil alih kekuasaan di sana. 

Selama dua bulan memerintah Me sir, Salahuddin  membuat kebijakankebijakan progresif yang visioner. Ia membangun dua sekolah besar berda sar kan mazhab Ahlussunnah waljamaah.

 

Ia hendak memberantas pemikiran Syiah yang bercokol sekian lama di tanah Mesir. Hasilnya, Mesir menjadi salah satu negeri pilar dakwah Ahlus sunnah waljamaah atau Sunni. Kebijakan lainnya yang ia lakukan adalah mengganti penyebutan nama-nama khalifah Fathimiyah dengan nama-nama khalifah Abbasiyah dalam khutbah Jumat.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement