Senin 05 Jun 2023 18:10 WIB

Melihat Kemiripan Jin dan Manusia

Jin dan manusia merupakan makhluk Allah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi jin dan manusia.
Foto: Republika.co.id
Ilustrasi jin dan manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangsa jin memiliki beberapa sifat yang sama dengan manusia di antaranya makan, minum dan mati. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Persatuan Islam (Persis), Ustadz KH Jeje Zaenudin.

"Secara umum, sifat dan karakter bangsa jin telah disebutkan dalam Alquran, terutama dalam surat Al Jinn. Di antara sifat jin yang mirip dengan manusia adalah makan, minum, berkeluarga, sakit, dan mati," kata Ustadz Jeje pada Senin (5/6/2023).

Baca Juga

Ustadz Jeje menjelaskan, jika ada sebutan tuyul dengan maksudnya adalah salah satu jenis atau spesies bangsa jin, maka ia pun memiliki sifat dan karakter sebagaimana umumnya bangsa jin. Dalam Surat Al Jinn disebutkan bahwa ada sebagian manusia yang meminta bantuan atau perlindungan dan bekerja sama dengan jinn sehingga makin jauh kesesatannya.

"Ini menunjukkan keharaman manusia meminta bantuan makhluk ghaib yaitu jin. Karena meminta bantuan kepada jin pastilah konteksnya dalam perbuatan buruk atau dosa," kata Ustadz Jeje.

 

"Karena untuk berbuat saleh dan kebaikan tidak perlu meminta bantuan dan pertolongan jin," lanjut Ustadz Jeje.

Ustadz Jeje mengatakan, jika meyakini keberadaan tuyul sebagai bangsa jin, maka menyikapinya seperti menyikapi keberadaan jin sebagaimana diajarkan Alquran. Yaitu haram berlindung dan minta pertolongan mereka, sebaliknya umat wajib berlindung kepada Allah dari gangguan dan kejahatan mereka.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement