Sabtu 06 May 2023 10:10 WIB

Sakit Tak Kunjung Sembuh Jangan Putus Asa, Ini 10 Nasihat Imam Nawawi

Allah SWT memberikan cobaan dalam sakit yang diderita seseorang

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sakit. Allah SWT memberikan cobaan dalam sakit yang diderita seseorang
Foto:

Kedelapan, disunnahkan untuk mewasiatkan kepada keluarga dan kerabat agar bersabar dalam menghadapinya ketika dia sakit dan memikul beban urusannya. 

Juga mewasiatkan kepada mereka untuk bersabar menerima musibah kesakitannya. Dan berusaha sekuat tenaga untuk melarang mereka menangisinya dan mengatakan kepada mereka, bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

المَيِّتُ يُعَذَّبُ بِبُكَاءِ الحَيِّ عليه "Mayit disiksa sebab tangisan keluarganya." 

Oleh karena itu wahai orang-orang yang aku cintai, janganlah kalian menjadi sebab siksaanku, begitu juga dianjurkan mewasiatkan kepada mereka agar mengasihi anak-anak kecil yang ditinggalkan, juga mewasiatkan kepada mereka untuk berbuat baik kepada sahabat-sahabatnya dan memberitahukan, bahwa Nabi SAW bersabda:  

إِنَّ أَبَرَّ البِرِّ صِلَةُ الرَّجُل أَهْلَ وُدِّ أَبِيه

"Sesungguhnya sebagian dari paling utamanya kebaikan adalah seseorang bersilaturahim kepada orang-orang yang dicintai bapaknya." 

Kemudian tentang kebenaran bahwa Rasulullah SAW  juga menghormati sahabat-sahabat Khadijah RA setelah kematiannya.

Baca juga: Shaf Sholat Campur Pria Wanita di Al Zaytun, Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Hukumnya

Kesembilan, disunnahkan dengan sunnah yang mukkad, agar berwasiat kepada mereka agar menjauhkan dari kebiasaan-kebiasaan ahli bid'ah yang dilakukan pada jenazah. 

Dan meminta kepada mereka supaya tidak melakukannya. Dan juga berwasiat kepada mereka agar berjanji akan mendoakannya, dan tidak melupakannya setelah kematiannya.

 

Kesepuluh, disunnahkan juga, selalu mengingatkan kepada keluarganya setiap saat dengan mengatakan: "Jika kalian melihat aku melakukan kesalahan apa pun juga, maka ingatkanlah aku dengan lembut dan nasihatilah aku, karena aku sering lupa, lalai, malas, dan menyepelekan. Apabila aku berbuat salah, maka ingatkanlah aku, dan bantulah aku mempersiapkan bekal untuk hari yang akan datang." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement