Jumat 03 Mar 2023 04:05 WIB

Tiga Cara Mempelajari Alquran Bagi Mualaf

Jangan terburu-buru dalam mempelajari Alquran.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Berdoa (Ilustrasi). Tiga Cara Mempelajari Alquran Bagi Mualaf
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi). Tiga Cara Mempelajari Alquran Bagi Mualaf

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Seseorang yang baru memeluk Islam akan mencoba mencari jalan untuk mempelajari agama Islam. Karena Islam adalah lautan pengetahuan dan Alquran sendiri adalah lautan pengetahuan, sebenarnya bisa sangat menakutkan untuk memikirkan dari mana harus memulai.

Berikut ini tiga cara yang bisa dicoba bagi seorang mualaf untuk mempelajari Alquran menurut Nouman Ali Khan, dilansir dari About Islam pada Rabu (1/3/2023).

Baca Juga

Tiga Cara Mempelajari Alquran Bagi Mualaf

1. Pelajari Perlahan

Pelajarilah sedikit demi sedikit. Jangan terburu-buru, jangan memaksakan diri, dan jangan memaksakan diri bahwa kalian belum mengetahui segalanya atau kalian belum tahu cara melafalkannya dengan benar, atau kalian belum memahami semuanya. Alquran dan hubungan kita dengannya adalah tentang kualitas dan bukan tentang kuantitas.

2. Luangkan Waktu untuk Menghafal

Muslim baru merasakan tekanan untuk ingin berdoa dengan cara yang sama seperti semua Muslim lainnya berdoa dalam bahasa Arab.

Itu perjalanan yang cukup panjang. Kalian harus meluangkan waktu dan menghafal bab-babnya, bahkan jika kalian membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk melakukannya, tidak apa-apa. Tidak apa-apa bagi kalian untuk mengambil sedikit demi sedikit sejauh menyangkut hafalan.

Bahkan mungkin timbul pertanyaan, “Mengapa saya harus berdoa dalam bahasa Arab? Bisakah saya berdoa dalam bahasa Inggris atau Spanyol atau bahasa lainnya?"

Ya, kalian pasti bisa, tetapi kita percaya Alquran adalah firman Allah yang literal, tidak masalah dari etnis atau latar belakang kalian berasal.

Saya sendiri bukan orang Arab dan sebenarnya mayoritas orang di dunia bukan orang Arab, tetapi kami menganggap bahasa Alquran suci karena langsung dari Allah dan itu bagian dari kemurniannya sehingga kami menganggapnya penting.

Jadi, meskipun kalian membutuhkan waktu, cobalah untuk menghafal beberapa bab pendek menjelang akhir (juz amma), dan Insya Allah, kalian akan menemukan cara untuk memahaminya dengan lebih baik.

3. Pelajari Alquran

Akhirnya, dalam pesan singkat yang ingin saya bagikan dengan kalian adalah mempelajari Alquran atau membaca sedikit tentang makna-makna Alquran atau mendengarkan penjelasan Alquran dalam terjemahan, lakukan terus menerus.

Bukan hanya untuk Muslim baru tetapi sebenarnya untuk setiap Muslim karena itu adalah kehidupan spiritual kita. Kalian akan berdoa dengannya, dan pada akhirnya kalian akan membacanya dalam waktu yang cukup singkat, Insya Allah, bahkan dalam bahasa Arab.

Tetapi sampai itu terjadi dan bahkan setelah itu terjadi, kalian harus terus berusaha memahaminya dalam bahasa Inggris (bahasa lokal kalian). Sedikit demi sedikit, itu akan memberi kalian dorongan spiritual, dan bahkan membuka pikiran kalian terhadap berbagai hal, dan memperluas kebijaksanaan Allah kepada kalian dengan cara yang tidak kalian duga.

Jadi, saya berdoa agar kalian dapat melakukan itu dan mempertahankan hubungan yang sehat dan hubungan yang terus berkembang dengan Alquran dan kehidupan kalian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement