Ahad 01 Jan 2023 03:25 WIB

Ucapan Alhamdulillah Ternyata Penting untuk Kesehatan, Ini Penjelasannya

Hubungan antara kesehatan mental dan fisik sama sekali tidak bisa diabaikan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ucapan Alhamdulillah Ternyata Penting untuk Kesehatan, Ini Penjelasannya
Foto:

"Saat kita melihat sesuatu yang menarik, korteks adrenal kita terstimulasi dan terjadi peningkatan gula darah kita. Ini, pada gilirannya, merangsang pankreas untuk mengeluarkan insulin ke dalam darah untuk menurunkan kadar gula, menyebabkan kita merasa lelah atau lemah," jelas Burns.

Untuk itu, agar diri merasa tenang dan sehat, ucapkan alhamdulillah atas apa yang dimiliki dan yang dihadapi. Setiap orang harus menjaga rumah dan lingkungan kerja agar tetap damai dan bebas dari stres. Salah satu cara untuk menangkal efek stres adalah dengan menyadari stres yang kita alami dan mengonsumsi nutrisi serta suplemen yang cukup seperti herbal.

"Misalnya, jika seseorang terlambat sholat atau membaca Alquran selama Ramadhan, mereka bisa makan makanan kaya fosfor dan makanan yang akan membantu mereka menjaga asupan fosfornya. Jika seseorang bergerak, bepergian atau melakukan haji atau umroh, mereka mungkin ingin meningkatkan asupan makanan tinggi kalium dan natrium serta vitamin B kompleks," kata Burns.

Hubungan antara kesehatan mental dan fisik sama sekali tidak bisa diabaikan. Ingat pula bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu, cara terbaik untuk menghindari sikap dan emosi negatif yang mengendalikan tubuh adalah dengan mengamalkan Alquran dan Hadits.

Setiap Muslim harus mengucapkan "Alhamdullilah" atas apa yang dimilikinya, "Insya Allah" atas apa yang diniatkan, dan "Subhanallah" ketika melihat sesuatu yang menarik atau menakjubkan. Kemudian mengucap "Astaghfirullah" ketika hilang kendali atau kesabaran. Dan yang paling penting, ucapkan "Allahu Akbar" ketika menghadapi tantangan hidup. "Kelima frasa ini, yang diucapkan secara teratur, seperti mengonsumsi multivitamin untuk kesehatan holistik," demikian penjelasan Burns.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement