Kamis 27 Oct 2022 08:43 WIB

Perbuatan Dosa yang Menyebabkan Siksa Kubur

Orang yang melakukan dosa akan menerima siksa kubur.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi laknat dan siksa neraka. Perbuatan Dosa yang Menyebabkan Siksa Kubur
Foto: Dok Republika
Ilustrasi laknat dan siksa neraka. Perbuatan Dosa yang Menyebabkan Siksa Kubur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah mengabarkan tentang dua orang yang beliau lihat disiksa di dalam kuburnya. Kabar Rasulullah ini ditulis Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam kitabnya Ar-Ruh li Ibni Qayyim bab Apa Sebab-Sebab yang Mendatangkan Siksa Bagi Penghuni Kubur.

"Karena seorang di antara keduanya berlalu lalang di tengah manusia sambil menyebarkan adu domba dan yang lain tidak bersuci setelah buang air kecil, itu berarti dia meninggalkan taharah diwajibkan," tulis Ibnu Qayyim Al-Jauziyah.

Baca Juga

Adapun orang yang pertama dapat memprovokasi manusia dengan omongannya sehingga mereka saling bermusuhan, meskipun apa yang diumumkannya itu benar. Ini merupakan peringatan bahwa permusuhan yang muncul di tengah mereka karena perkataan yang dusta berarti siksanya lebih besar lagi. Begitu pula tidak bersuci setelah buang air kecil yang kemudian mendatangkan siksa. 

Ini merupakan peringatan bahwa, siapa yang meninggalkan kewajiban dan syarat-syarat sahnya sholat akan mendapatkan siksa yang lebih besar, apalagi jika meninggalkan sholat sama sekali. Di dalam hadist Syu'bah disebutkan, "Salah seorang di antara keduanya suka memakan daging manusia." Artinya dia adalah orang yang suka mengghibah dan mengadu domba. 

 

Untuk menjelaskan perkara ini, hadist Ibnu Mas'ud ra bisa menjadi rujukan. Hadist itu  tentang orang yang dipukul dengan cambuk hingga kuburnya dipenuhi api karena dia pernah mendirikan sholat tanpa bersuci dan melewati orang yang dizalimi tanpa menolongnya. 

Ada juga hadist di dalam Shahih Al-Bukhari tentang sikap yang ditimpakan kepada seseorang yang membuat suatu kedustaan. Tentang siksa yang ditimpakan kepada seseorang yang membaca Alquran, kemudian dia tidur pada malam hari dan tidak mengamalkannya pada siang hari. 

Kemudian ada hadist tentang siksa yang ditimpakan kepada para pezina, laki-laki maupun wanita, siksa kepada pemakan riba, dan siksa-siksa lainnya seperti yang disaksikan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam di Barzakh. Disebutkan hadits dari Abu Hurairah ra yang di dalamnya disebutkan kepada orang-orang yang dipukul dengan batu, karena kepala mereka berat melaksanakan sholat, ada pula orang-orang yang memakan daging busuk dan kotor karena zina yang mereka lakukan di dunia. 

Ada orang-orang yang memotong bibirnya dengan alat pemotong dari besi karena mereka suka menyebar fitnah dalam pidatonya. Telah disebutkan dari hadist Abu Said tentang siksa yang dijatuhkan kepada orang-orang yang melakukan berbagai macam kejahatan. 

Di antara mereka ada yang perutnya menggelembung sebesar rumah. Mereka berada di jalan para pengikut Firaun Jadi mereka adalah para pemakan riba. Di antara mereka ada yang membuka mulutnya lalu menyebabkan bara api hingga bara itu keluar lagi dari duburnya. Mereka adalah orang orang yang memakan harta anak yatim. 

Di antara mereka ada wanita yang menggantung pada payudaranya, mereka adalah para wanita berzina. Di antara mereka ada yang memotong daging lambungnya lalu memakannya, mereka adalah orang-orang yang suka menggunjing. Di antara mereka ada yang memiliki kuku dari tembaga, lalu mereka mencakari muka dan dadanya mereka adalah orang yang suka menodai kehormatan manusia. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement