Jumat 30 Sep 2022 06:31 WIB

Mengapa Kita Dianjurkan Baca Basmalah? Ini di Antara Rahasia di Balik 19 Hurufnya

Basmalah atau bismillah mempunyai manfaat yang besar bagi mereka yang membacanya

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ustaz Derry Sulaiman melukis cepat kaligrafi lafadz Basmalah (ilustrasi). Basmalah atau bismillah mempunyai manfaat yang besar bagi mereka yang membacanya
Foto:

Lebih lanjut UAH mengatakan lafaz basmalah memiliki 19 huruf. Di mana pada masing-masing huruf memiliki banyak makna. Misalnya saja huruf "ba" dalam lafaz basmalah memiliki 14 makna sebagaimana dalam kitab Mughni al-Labib karya Syekh Ibnu Hisyam al Anshari. 

UAH menerangkan di antara makna "ba" adalah sababiyah (sebab) yakni menjadikan setiap kegiatan karena ridha Allah SWT, yang kemudian memunculkan musohabah (penyertaan) maksudnya Allah SWT akan melindungi atau membimbing, selanjutnya menjadikan lebih dekat dengan Allah SWT.  

Karena itu seseorang yang yang dapat memahami dan menghayati secara mendalam huruf ba pada lafaz basmalah akan memberikan pengaruh yang dahsyat pada kehidupan.

Sebab kata UAS tidak mungkin lafaz basmalah menjerumuskan seseorang kepada kemaksiatan. UAH menjelaskan intisari Alquran adalah surat Al-Fatihah. 

Sedang intisari Al Fatihah terdapat pada lafaz basmalah. Dan intisari basmalah ada pada huruf "ba". Dan inti huruf ba terdapat pada titik. Dari titik itulah segala sesuatu digariskan. 

Sementara itu UAH mengatakan huruf "sin" dan "mim" asalnya adalah ismun. Hanya pada lafaz basmalah huruf alif pada kata ismun hilang. Menurut UAH ini memberikan gambaran bahwa orang yang memulai segala kegiatan dengan basmalah maka semua proses yang sulit akan dihilangkan Allah SWT.

Selain itu "sin" dan "min" juga berasal dari kata wasamun berarti tanda dan sumuwun berarti tinggi.  

"Orang yang senantiasa melakukan perbuatan dengan awalan bismillahirrahmanirrahim meniatkan karena Allah SWT maka hamba itu akan langsung ditandai Allah SWT dan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT," kata UAH.

Sementara lafaz Allah menunjuk pada sifat ketuhanan (uluhiyah) dan pusat penyembahan (ubudiyah). Maka seseorang yang membaca basmalah meniatkan segala perbuatan menjadi ibadah. Lafaz Ar-Rahman menunjukan makna puncak perhatian kepada siapapun tanpa batas. 

 

Sedang Ar-Rahim perhatian spesifik Allah SWT hanya untuk orang beriman. Maka dari itu seseorang yang memahami basmalah akan menjalin hubungan dengan baik dengan setiap orang.    

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement