Jumat 23 Sep 2022 17:42 WIB

Runtuhnya Seljuk dan Munculnya Dinasti Zankiyah

Di masa berdirinya Zankiyah, umat Islam mulai terpecah belah.

Dari sana, muncul banyak tokoh pembaru, semisal rektor Nizhamiyah Nishapur Abu Ma'ali al-Juwaini dan muridnya, al-Ghazali, yang kelak mengepalai Nizhamiyah Baghdad. Belajar dari yang sudah-sudah, Nizham al-Mulk pun menyarankan rajanya untuk memilih penerus takhta sebelum wafatnya. Lantas, Alp Arselan menetapkan putranya, Malik Shah, sebagai penggantinya kelak. Pada 1072 M, raja kedua Seljuk tersebut meninggal dunia.

Sesuai rencana, Malik Shah yang saat itu berusia 17 tahun naik menjadi penguasa. Ia mempertahankan posisi Nizham al-Mulk sebagai perdana menteri. Duo negarawan itu kemudian meneruskan usaha-usaha dalam mengembangkan kejayaan negeri.

Alp Arselan wafat dalam usia 43 tahun. Sejak saat itu, kekisruhan politik kembali terasa. Beberapa petinggi menilai Malik Shah masih terlalu muda sebagai seorang pemimpin. Keadaan semakin genting karena sekte Syiah yang ekstrem juga mulai menyusun kekuatan. 

Untuk mengatasi instabilitas, Malik Shah mengandalkan sejumlah orang kepercayaan. Di antara mereka adalah Aq Sunqur bin Abdullah. Tokoh militer itu pernah menjadi pengawal istananya.

Dalam sebuah misi, jenderal yang bergelar Qasim ad-Daulah itu sukses membebaskan Halab (Aleppo) dari tangan Bani Uqail. Malik Shah kemudian mengangkatnya sebagai gubernur kota tersebut.

Aq Sunqur memimpin Aleppo selama delapan tahun. Ada banyak pembaruan yang diterapkannya. Ia terbilang sukses dalam memulihkan keamanan kota.Salah satu kebijakannya ialah prinsip tanggung jawab bersama. Apabila seorang saudagar atau kafilah-dagang mengalami pencurian, penduduk daerah tempat kejadian perkara harus bertanggung jawab membayar kerugian yang diderita saudagar atau kafilah itu.

Peraturan itu membuat rakyat berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan. Imbasnya, aktivitas perdagangan pun bangkit kembali di seluruh Aleppo. Pereko nomian stabil membuat masyarakat tidak gampang terhasut propaganda kelompok-kelompok yang berambisi kekuasaan.

 

 

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement