Jumat 23 Sep 2022 17:42 WIB

Runtuhnya Seljuk dan Munculnya Dinasti Zankiyah

Di masa berdirinya Zankiyah, umat Islam mulai terpecah belah.

Prof Ali Muhammad ash-Shallabi dalam Bangkit dan Runtuhnya Daulah Zankiyah(2007) menjelaskan, Aq Sunqur sangat setia kepada Malik Shah. Pada 1092, raja ketiga Dinasti Seljuk itu meninggal dunia. Kematiannya hanya berjarak beberapa bulan sesudah wafatnya Nizham al-Mulk, yang diduga menjadi korban kelompok Hashashin (Assassins).

Saudara Malik Shah, Abu Said Taj ad-Daulah Tutush, kemudian menuntut kekuasaan untuk dirinya sendiri di bawah bayang-bayang perebutan kekuasaan antara anak-anak Malik Shah. Ash-Shallabi menuturkan, gubernur Damaskus itu memobilisasi pasukan ke arah timur untuk menguasai Isfahan-- ibu kota Seljuk saat itu.

Mulanya, Aq Sunqur ikut serta dalam pasukan Tu tush dari Syam. Ia ikut menyertai sampai Irak. Di sana, Tutush bersiap-siap menghadapi pasukan yang dipimpin Barkyaruq, seorang putra Malik Shah.

Tiba-tiba, Aq Sunqur berbelot sehingga memihak pada kubu Barkyaruq. Menurut ash-Shallabi, keputusan gubernur Aleppo itu didasari anggapan bahwa kekuasaan atas Seljuk hanya terbatas pada anak keturunan Malik Shah. Dalam pertempuran pa da 1093 M, pasukan Tutush berhasil dipukul mun dur.

Penguasa Damaskus itu terpaksa kembali pulang. Dendam kesumatnya terhadap Aq Sunqur ter bayar kira-kira setahun kemudian. Dalam perang di dekat Aleppo, simpatisan Barkyaruq itu dapat di tangkap dan kemudian dihukum mati. Riwayat lain menyebutkan, Qasim ad-Daulahdibunuh kelompok Assassinssaat sedang shalat di Masjid Mosul, Irak, pada 1094.

Pada 1095, Tutush tewas dalam sebuah pertempuran di Ray. Sejak itu, Barkyaruq menyandang titel raja Seljuk. Tidak mau melupakan jasa-jasa mereka yang setia di sisinya, ia memberikan jabatan penting kepada seorang putra Aq Sunqur, yakni Imaduddin Zanki.

Imaduddin baru berusia 10 tahun ketika ayahnya wafat. Saat dewasa, ia pernah merasakan berbagai posisi strategis di pemerintahan Seljuk. Salah satu yang patut disebut ialah gubernur Mosul sejak 1127 M. Ash-Shallabi mengatakan, terpilihnya anak Aq Sunqur itu didasarkan atas saran alim ulama setempat.

 

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement