Rabu 01 Jun 2022 17:26 WIB

Perbedaaan Mencolok Makna Hati dan Qalbu Menurut Agama dan Sains  

Qalbu dalam pengertian Islam adalah muara dari pikiran dan perasaan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi hati (ilustrasi). Qalbu dalam pengertian Islam adalah muara dari pikiran dan perasaan
Foto:

Sedangkan Al-Fairuz dalam kamus Al-Muhith menjelaskan bahwa yang dimaksud qalbu adalah hati dan akal. Di mana ini adalah inti dari segala sesuatu yang mana ini juga sesuai dengan firman Allah SWT dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 10. Allah SWT berfirman: 

فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَهُمُ اللَّهُ مَرَضًا ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَ

"Dalam hati (qulub). mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya iu dan mereka mendapat azab yang pedih karena mereka berdusta."   

Dijelaskan juga bahwa kata qalbu juga bisa berarti rasio (pola pikir) maupun jiwa menurut Az-Zamakhsyari. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 32.

 يَا نِسَاءَ النَّبِيِّ لَسْتُنَّ كَأَحَدٍ مِنَ النِّسَاءِ ۚ إِنِ اتَّقَيْتُنَّ فَلَا تَخْضَعْنَ بِالْقَوْلِ فَيَطْمَعَ الَّذِي فِي قَلْبِهِ مَرَضٌ وَقُلْنَ قَوْلًا مَعْرُوفًا

"Jika kalian (istri-istri Nabi) bertakwa, maka janganlah kamu rendahkan (melemah lembutkan) dalam berbicara sehingga bangkit nafsu orang yang ada penyakit dalam qalbu nya. Dan ucapkanlah perkataan yang baik." Para ahli tafsir menyebutkan bahwa yang dimaksud dalam ayat ini adalah jiwanya yang sakit. 

Pentingnya hati/qalbu /dada pada diri manusia dapat berorientasi pada kualitas dirinya sebagai seorang manusia dan hamba. Ibnu Katsir berkata bahwa kebutaan bukanlah dia yang buta penglihatan jika mata hati mereka masih sehat. Sesungguhnya jika mata hati yang buta ia tidak akan biasa mengimplementasikannya dan tidak mampu memahami berita." 

Baca juga: Amalan Sunnah yang akan Didoakan Puluhan Ribu Malaikat

Hal di atas menunjukkan bahwa makna kata qalbu dalam Alquran dan sunnah bukanlah organ jantung yang terletak di dada bagian tengah kiri.

Akan tetapi yang dimaksud qalbu  adalah hati yang bersifat spiritual dan kelembutan Illahi, atau sarana manusa untuk memahami dan mengetahui hakikat segala sesuatu.  

Melalui sejumlah ayat, Alquran mengisyaratkan bahwa berhentinya qalbu termasuk tanda kematian. Di antaranya adalah firman Allah dalam Alquran surat At Taubah ayat 110.  

لَا يَزَالُ بُنْيَانُهُمُ الَّذِي بَنَوْا رِيبَةً فِي قُلُوبِهِمْ إِلَّا أَنْ تَقَطَّعَ قُلُوبُهُمْ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

 

"Bangunan-bangunan yang mereka dirikan itu senantiasa menjadi pangkal keraguan dalam qalbu  mereka, kecuali bila qalbu  mereka itu telah hancur. Dan Allah Mahamengetahui lagi Mahabijaksana."        

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement