Ahad 20 Mar 2022 05:55 WIB

Tafsir Surat Ibrahim Ayat 44: Alquran Ceritakan Lima Doa para Penghuni Neraka

Empat kali Allah menjawab doa penghuni neraka.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi laknat dan siksa neraka. Tafsir Surat Ibrahim Ayat 44: Alquran Ceritakan Lima Doa para Penghuni Neraka
Foto: Dok Republika
Ilustrasi laknat dan siksa neraka. Tafsir Surat Ibrahim Ayat 44: Alquran Ceritakan Lima Doa para Penghuni Neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menceritakan suatu ketika para penghuni neraka akan berdoa lima kali kepada Allah SWT. Empat kali Allah menjawab doa mereka, satu kali Allah memerintahkan para penghuni neraka.

Hal ini dijelaskan dalam tafsir Surat Ibrahim Ayat 44.

Baca Juga

وَاَنْذِرِ النَّاسَ يَوْمَ يَأْتِيْهِمُ الْعَذَابُۙ فَيَقُوْلُ الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا رَبَّنَآ اَخِّرْنَآ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۙ نُّجِبْ دَعْوَتَكَ وَنَتَّبِعِ الرُّسُلَۗ اَوَلَمْ تَكُوْنُوْٓا اَقْسَمْتُمْ مِّنْ قَبْلُ مَا لَكُمْ مِّنْ زَوَالٍۙ

Dan berikanlah peringatan (Muhammad) kepada manusia pada hari (ketika) azab datang kepada mereka, maka orang yang zalim berkata, "Ya Tuhan kami, berilah kami kesempatan (kembali ke dunia) walaupun sebentar, niscaya kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti Rasul-Rasul." (Kepada mereka dikatakan), "Bukankah dahulu (di dunia) kamu telah bersumpah bahwa sekali-kali kamu tidak akan binasa?" (QS Ibrahim: 44)

Tafsir Kementerian Agama menjelaskan pada ayat ini, Allah SWT memerintahkan agar memberi peringatan kepada orang-orang yang zalim dan orang-orang musyrik Makah, yaitu tentang keluhan dan rintihan yang keluar dari mulut mereka ketika azab menimpa mereka di akhirat nanti sambil memohon, "Wahai Tuhan kami, berikanlah kepada kami kesempatan yang lain lagi, walaupun beberapa saat saja untuk menaati seruan-Mu dan mengikuti ajaran Rasul-Mu dengan mengembalikan kami ke dunia. Jika kesempatan itu benar-benar diberikan kepada kami pasti kami akan mengikuti perintah-Mu dan menghentikan larangan-Mu, kami benar-benar akan memurnikan ketaatan kepada-Mu saja, kami tidak akan menyekutukan-Mu lagi wahai Tuhan kami."

Menurut riwayat al-Baihaqi dari Muhammad bin Kaab Al-Quradhi, ia berkata, "Penghuni neraka berdoa kepada Allah lima kali. Empat kali dijawab Allah sedang doa yang kelima dijawab Allah dengan perintah agar mereka tidak berkata lagi dan agar tetap mendekam di dalam neraka."

Doa-doa tersebut dalam firman Allah sebagai berikut. Mereka (penghuni neraka) menjawab, "Ya Tuhan kami, Engkau telah mematikan kami dua kali dan telah menghidupkan kami dua kali (pula), lalu kami mengakui dosa-dosa kami. Maka adakah jalan (bagi kami) untuk keluar (dari neraka)?" (QS Gafir: 11)

Permintaan ini dijawab Allah SWT dengan firman-Nya. "Yang demikian itu karena sesungguhnya kamu mengingkari apabila diseru untuk menyembah Allah saja. Dan jika Allah dipersekutukan, kamu percaya. Maka keputusan (sekarang ini) adalah pada Allah Yang Maha Tinggi, Maha Besar." (QS Gafir:12)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement