Jumat 04 Mar 2022 00:15 WIB

Catat Tanggalnya, Malam Nisfu Sya'ban Beserta Niat Puasa dan Doanya

Keutamaan Nisfu Sya’ban berupa pengampunan dosa dan pahala ibadah yang besar.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Catat Tanggalnya, Malam Nisfu Sya'ban Beserta Niat Puasa dan Doanya
Foto:

Rasulullah telah mengeluarkan arahan untuk memperhatikan malam Nisfu Sya'ban dengan melakukan amal shaleh dan beribadah kepada Allah agar dapat menikmati pahalanya. Dalam buku Keutamaan dan Ibadah Malam Nisfu Sya’ban karangan Muhammad Juriyanto, Ibnu Majah meriwayatkan sebuah hadits dari Sayyidina Ali, dari Nabi SAW beliau bersabda:

إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا يَوْمَهَا، فَإِنَّ اللهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى السَّمَاء الدُّنْيَا، فَيَقُولُ: أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأَغْفِرَ لَهُ، أَلَا مِنْ مُسْتَرْزِقٍ فَأَرْزُقَهُ، أَلَا مِنْ مُبْتَلَى فَأُعَافِيَهُ، أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطَّلِعَ الْفَجْرَ

Artinya: “Ketika malam Nisfu Sya’ban tiba, maka beribadahlah di malam harinya dan puasalah di siang harinya. Sebab, sungguh (rahmat) Allah turun ke langit dunia saat tenggelamnya matahari. Kemudian Ia berfirman: “Ingatlah orang yang memohon ampunan kepadaKu maka Aku ampuni, ingatlah orang yang meminta rezeki kepada–Ku maka Aku beri rezeki, ingatlah orang yang meminta kesehatan kepada–Ku maka Aku beri kesehatan, ingatlah begini, ingatlah begini, sehingga fajar tiba.”

Maka, berdasarkan beberapa hadits dan riwayat tersebut, sunnah qiyam al-lail, membaca Alquran dengan ikhlas, berdzikir, dan berdoa kepada Allah pada malam Nisfu Sya'ban adalah untuk memetik anugerah Tuhan.  

Niat puasa Nisfu Sya’ban

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i sunnati Sya'bana lillaahi ta'aalaa.

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Syaban esok hari karena Allah Ta'ala.

Dalam buku kitab Ma Dza Fi Sya'ban karangan Sayyid Muhammad al-Maliki, ia mengklaim tidak ada doa khusus atau otentik dari Nabi SAW pada malam Nisfu Sya'ban. Yang benar dari Nabi SAW adalah perintah untuk merevitalisasi secara mutlak malam Nisfu Sya'ban dengan berbagai jenis doa dan taqwa. Namun, ada doa khusus yang dibaca setelah membaca surat Yasin pada malam Nisfu Sya’ban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement