Jumat 23 Feb 2024 18:25 WIB

Kapan Malam Nisfu Syaban dan Apa Keutamaannya? Ini Jawaban Lengkapnya

Di malam Nisfu Syaban permohonan doa untuk rezeki dikabulkan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Malam Nisfu Syaban (ilustrasi)
Foto: Republika
Malam Nisfu Syaban (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jadwal Nisfu Syaban berdasarkan Kalender Hijriyah Indonesia 2024 yang diterbitkan Kementerian Agama jatuh pada Ahad (25/2/2024). Artinya, pelaksanaan amal ibadah pada malam Nisfu Syaban dilakukan pada Sabtu (24/2/2024) malam atau malam Ahad 24 Februari 2024.

Adapun Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi DKI Jakarta, berdasarkan keputusan Awal Bulan Sya'ban 1445 H Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), telah mengeluarkan surat edaran kepada warga NU untuk mengisi malam Nisfu Syaban yakni pada malam Ahad 24 Februari, dengan amaliyah nahdliyah.

Baca Juga

Keutamaan Malam Nisfu Syaban

Malam Nisfu Syaban memiliki keutamaan yang besar dalam Islam. Hal ini bisa diketahui berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

«إذا كانت ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلها وصوموا نهارها؛ فإن الله ينزل فيها لغروب الشمس إلى السماء الدنيا، فيقول: ألا من مستغفر فأغفر له، ألا مسترزق فأرزقه، ألا مبتلى فأعافيه، ألا كذا، ألا كذا، حتى يطلع الفجر»

"Jika malam Nishfu Syaban, maka sholatlah pada malam harinya dan berpuasa pada siangnya. Karena sesungguhnya Allah turun pada saat menjelang terbenam matahari ke langit yang paling terdekat. Lalu Allah menyeru, 'Siapa orang yang beristighfar kepada-Ku maka akan Aku ampuni. Siapa yang meminta rezeki, maka Aku akan memberikan rezeki. Siapa yang sakit, maka akan Aku sembuhkan! Siapa yang begini, siapa yang begini… dan seterusnya hingga terbit fajar.'" (HR. Ibnu Majah dan al-Baihaqi)

Seorang Muslim dianjurkan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement