Sabtu 26 Feb 2022 19:04 WIB

Kewajiban Timbal Balik Antara Suami dengan Istri, ini Penjelasannya

Sepasang suami-istri dalam Islam memiliki hak dan kewajibannya masing-masing.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Suami Istri. Sepasang suami-istri dalam Islam memiliki hak dan kewajibannya masing-masing.
Foto:

Sebagaimana dijelaskan, istri hendaknya berhias untuk suaminya dengan menggunakan pakaian, kosmetik, wewangian, dan sebagainya yang menjadi kesukaan suami. Hal ini dilakukan dalam rangka membuat hati suaminya senang, sebagaimana yang dituangkan dalam penggalan redaksi hadis, ... yang apabila engkau memandangnya, akan membuat hatimu senang.

Namun, yang perlu diingat adalah dalam hal berhias ini hendaklah istri melakukannya semata-mata ditujukan demi menyenangkan hati sang suami bersama anak-anak di rumah mereka sendiri. Bukan untuk tujuan tabarruj (mempertontonkan kecantikan wajah atau keelokan tubuh secara mencolok) di luar rumah ataupun di depan laki-laki lain. Demikian halnya dengan suami di hadapan istri dan anak-anaknya. Hendaklah suami membiasakan diri berpakaian rapi serta menjaga kebersihan tubuhnya agar menyenangkan hati istrinya dan menjaganya dari ketertarikan kepada para lelaki lain.

 

Tentang hal ini pernah dirawikan dari Abdullah bin Abbas, Aku biasa berhias untuk istriku, sebagaimana dia berhias untukku. Karena aku tidak ingin mengambil semua hakku terhadapnya, sementara dia tidak memperoleh haknya dariku. Adapun Allah SWT berfirman, `Bagi para istri hak mereka seimbang dengan kewajiban atas mereka dengan cara sebaik-baiknya'. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement