Jumat 11 Feb 2022 07:08 WIB

Alasan Mengapa Surat Al Mulk Patut Dibaca Setiap Hari

Surat Al Mulk mempunyai banyak keutamaan bagi pembacanya

Ilustrasi Alquran surat Al Mulk. Surat Al Mulk mempunyai banyak keutamaan bagi pembacanya
Foto: republika
Ilustrasi Alquran surat Al Mulk. Surat Al Mulk mempunyai banyak keutamaan bagi pembacanya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Surat Al-Mulk memiliki keutamaan yang luar biasa terutama untuk rezeki. Rezeki memang selalu dicari oleh setiap insan di muka bumi. Namun rezeki yang dimaksud di sini bukan hanya sebatas pada uang, melainkan juga meliputi banyak hal. 

Surat Al Mulk adalah salah satu surat yang diturunkan di Makkah dan ada di juz 29, atau juz yang biasa disebut dengan 'Juz Tabarak'. Surat Al Mulk adalah surat penyelamat di Hari Kiamat kelak. 

Baca Juga

Disebut Al Mulk, karena surat ini bicara tentang kepemilikan Allah SWT atas alam semesta yang bergerak atas perintah Allah SWT. Karena segala sesuatu di alam semesta adalah milik Allah SWT. 

عن أبي هريرةَ رضي الله عنه أنَّ النبيَّ صلى الله عليه وسلم قالَ: إنَّ في القرآنِ ثلاثينَ آيةً تستغفِرُ لصاحبِها حتى يُغفرَ له تبارك الذي بيدِه الملك 

 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di dalam Alquran terdapat suatu surat yang berisikan 30 ayat yang dapat memohonkan ampunan bagi pembacanya hingga ia mendapat ampunan, yaitu Tabarakal Ladzi Biyadihil Mulku (surat Al-Mulk)."

Dalam kitab Amaliy Al Hafiz Ibnu Hajar,  riwayat dari Ibnu Abbas, dia berkata bahwa salah seorang sahabat Nabi membuat tenda di dekat sebuah kuburan, padahal dia tidak mengetahui bahwa tempat itu adalah kuburan. Tiba-tiba dia menyadari bahwa itu adalah kuburan seseorang, dia mendengarnya sedang membaca surat Al-Mulk hingga khatam.

Maka ia datang kepada Nabi dan bertanya, "Wahai Rasulullah, aku telah memasang tendaku di dekat sebuah kuburan, sedangkan aku tidak menyadari bahwa tempat itu adalah kuburan. Tiba-tiba kudengar dari dalamnya seseorang membaca surat Al-Mulk sampai selesai." Maka Rasulullah bersabda: 

"Itu adalah surat penangkal dan juga penyelamat, yang menyelamatkan pembacanya dari siksa kubur."

Surat Al-Mulk akan menjadi pembela di Hari Kiamat bagi siapa saja Muslim yang rutin membacanya, sehingga ia akan dihindarkan dari api neraka. 

Nabi Muhammad SAW menginginkan agar setiap Muslim menyimpan surat tersebut di dalam hatinya. Dalam hadits riwayat Imam Thabrani dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda: 

وددتُ أنها في جوفِ كلِّ إنسانٍ من أمَّتِي "Sungguh aku menginginkan bila surat (Al-Mulk) ini dihafal di dalam kalbu setiap umatku."

Dalam riwayat Turmudzi, dari Jabir, disebutkan bahwa Rasulullah masih belum tidur sebelum membaca Alif Lam Mim Tanzil (Surat As Sajdah) dan Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku (Al Mulk).

 

Sumber: elbalad 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement