Rabu 09 Feb 2022 06:54 WIB

Sedekah, Sholat, dan Doa yang Bermanfaat untuk Orang Meninggal

Pahala ibadah boleh dihadiahkan untuk orang yang meninggal dunia

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi makam untuk orang meninggal dunia. Pahala ibadah boleh I untuk orang yang meninggal dunia
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi makam untuk orang meninggal dunia. Pahala ibadah boleh I untuk orang yang meninggal dunia

REPUBLIKA.CO.ID, – Salah satu hal yang bermanfaat bagi orang yang sudah meninggal yakni hadiah pahala sedekah dari keluarga atau kerabat yang masih hidup. Ini misalnya, adalah sedekah anak untuk orang tuanya yang sudah meninggal dunia.   

Dikutip dari buku Azab dan Nikmat Kubur karya Syekh Husain bin Audah al-Awaisyah, diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anhuma

Baca Juga

أنَّ رجلًا قال للنبيِّ صلَّى الله عليه وسلَّم: إنَّ أمِّي افتُلتَتْ نفسُها وأراها لو تكلَّمَتْ تصدَّقَتْ أفأ تصدَّق عنها؟ قال: نعمْ تصدَّق عنها 

“Seseorang bertanya kepada Nabi ﷺ, ‘Ibuku meninggal dunia dengan tiba-tiba, dan aku yakin seandainya ketika itu ia masih bisa bicara, niscaya ia akan bersedekah. Bolehkah aku bersedekah atas namanya?’ Rasulullah menjawab: “Bersedekahlah atas namanya!’” (HR Bukhari dan Muslim) 

 

Di samping itu, hal lain yang bermanfaat bagi orang yang sudah meninggal yakni disholatkan dan didoakan. Hal ini dapat memberikan syafaat bagi orang yang telah meninggal. Rasulullah ﷺ bersabda: 

ما من ميت تصلي عليه أمة من المسلمين يبلغون ماأة كلهم يشفعون له إلا شفعوا فيه

"Tidak seorang mayit pun yang disholatkan oleh seratus umat Muslimin (dan mereka) memohonkan syafaat untuknya, kecuali Allah akan menerima permintaan syafaat mereka untuknya." (HR Muslim). 

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:  

"Tidak seorang Muslim pun yang meninggal, lalu empat puluh orang yang tidak melakukan kemusyrikan kepada Allah berdiri untuk mensholatkan jenazahnya, melainkan Allah pasti akan menerima permohonan syafaat mereka untuknya." (HR Muslim)     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement