Rabu 09 Feb 2022 17:13 WIB

3 Ayat Ini Kisahkan Allah SWT Kutuk Yahudi Pembangkang Jadi Kera

Allah SWT melaknat Yahudi pelanggar larangan pada Hari Sabat

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Yahudi. Allah SWT melaknat Yahudi pelanggar larangan pada Hari Sabat
Foto: abc.net.au
Ilustrasi Yahudi. Allah SWT melaknat Yahudi pelanggar larangan pada Hari Sabat

REPUBLIKA.CO.ID, — Terdapat tiga ayat dalam Alquran yang menyebut kera, semuanya terkait kisah orang-orang Yahudi yang tidak menaati perintah Allah SWT tentang larangan pada hari Sabat. Mereka diubah wujud oleh Allah SWT menjadi kera. 

Menukil buku Tafsir Ilmi, Hewan dalam perspektif Alquran dan Sains karya Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, disebutkan bahwa ayat-ayat yang menyebut kera tersebut, oleh para mufasir dipahami beragam. 

Baca Juga

Sebagian memahami bahwa kera hanyalah metafor dari suasana hati orang-orang Yahudi yang enggan menerima nasihat dan peringatan. 

Sebagian yang lain memahami perubahan fisik itu sebagai kejadian nyata, bukan hanya metafora. Kera-kera perwujudan orang-orang Yahudi itu dipercaya tidak beranak, tidak pula makan dan minum, dan hanya hidup selama tiga hari. Ayat-ayat tersebut adalah sebagai berikut: 

Pertama, Al Baqarah ayat 65

َلَقَدْ عَلِمْتُمُ الَّذِينَ اعْتَدَوْا مِنْكُمْ فِي السَّبْتِ فَقُلْنَا لَهُمْ كُونُوا قِرَدَةً خَاسِئِينَ

“Sungguh, kamu benar-benar telah mengetahui orang-orang yang melakukan pelanggaran di antara kamu pada hari Sabat, lalu Kami katakan kepada mereka, “Jadilah kamu kera yang hina!” 

Kedua, Al Maidah ayat 60  

قُلْ هَلْ أُنَبِّئُكُمْ بِشَرٍّ مِنْ ذَٰلِكَ مَثُوبَةً عِنْدَ اللَّهِ ۚ مَنْ لَعَنَهُ اللَّهُ وَغَضِبَ عَلَيْهِ وَجَعَلَ مِنْهُمُ الْقِرَدَةَ وَالْخَنَازِيرَ وَعَبَدَ الطَّاغُوتَ ۚ أُولَٰئِكَ شَرٌّ مَكَانًا وَأَضَلُّ عَنْ سَوَاءِ السَّبِيلِ

“Katakanlah (Nabi Muhammad), “Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang sesuatu yang lebih buruk pembalasannya daripada itu di sisi Allah? (Yaitu balasan) orang yang dilaknat dan dimurkai Allah (yang) di antara mereka Dia jadikan kera dan babi. (Di antara mereka ada pula yang) menyembah Tagut.” Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus.” 

Ketiga, Al Araf ayat 166 

فَلَمَّا عَتَوْا عَنْ مَا نُهُوا عَنْهُ قُلْنَا لَهُمْ كُونُوا قِرَدَةً خَاسِئِينَ

“Kemudian, ketika mereka bersikeras (melampaui batas) terhadap segala yang dilarang, Kami katakan kepada mereka, “Jadilah kamu kera yang hina!”    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement