Jumat 04 Feb 2022 18:00 WIB

Ath-Thabari Hafal Alquran di Usia Tujuh Tahun

Semasa hidupnya, ath-Thabari dikenal sebagai seorang yang haus akan ilmu pengetahuan.

Penduduk Desa di Irak Simpan Alquran Berusia 700 Tahun
Foto:

Semangatnya untuk terus belajar menjadikannya tidak kenal kata lelah. Dalam arti, jarak dan kekurangan bekal bukanlah penghalang. Terlebih lagi, Allah SWT menganugerahkan kepada nya kemampuan kognitif di atas rata-rata.

Berkata ath-Thabari mengenai masa kecilnya, "Aku sudah hafal Alquran ketika umurku tujuh tahun, dan shalat memimpin (menjadi imam bagi) orang banyak ketika berumur delapan tahun, dan kemudian mulai mencatat hadis ketika usiaku sembilan tahun."

Hal lain yang menunjukkan kepandaiannya adalah cerita tentang bagaimana tokoh tersebut dapat menguasai ilmu syair Arab ('arudh) hanya dalam tempo satu malam.

Ath-Thabari menuturkan, Tatkala aku tiba di Mesir, tidak tersisa seorang ahli ilmu pun kecuali mereka menemuiku un tuk mengujikan apa yang telah dikuasainya. Pada suatu hari, datang kepadaku seorang lelaki bertanya tentang sebagian tertentu dari ilmu 'arudh yang aku sendiri belum mengetahui tentang ilmu itu.

"Akhirnya, aku katakan kepadanya, 'Aku tidak bisa bicara karena hari ini tidak akan membica ra kan masalah 'arudh sedikit pun. Maka datanglah be sok dan temui saja aku.' Kemudian, aku memin jam sebuah kitab 'arudh karya Khalil Ahmad dari seseorang. Malam itu, aku pelajari kitab tersebut dan pagi harinya aku telah menjadi seorang ahli 'arudh."

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement