Ahad 09 Jan 2022 11:54 WIB

DKM Perlu Perhatikan Ini, 6 Tips Agar Masjid Menarik Bagi Remaja

Beri remaja ruang untuk mengembangkan diri agar masjid ramah bagi mereka.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
DKM Perlu Perhatikan Ini, 6 Tips Agar Masjid Menarik Bagi Remaja
Foto:

Dukung relawan masjid Anda

Menurutnya, penting untuk mendukung para pemuda (terutama ketika mereka menjadi sukarelawan). Sebagai sebuah institusi, berikan dukungan keuangan, tawarkan sumber daya, pelatihan, dan harapan yang realistis.

Berdayakan para remaja untuk mengeksplorasi strategi baru tanpa selalu mengintip dari balik bahu mereka atau menjatuhkan ide-ide mereka. Berilah mereka bimbingan dan pengembangan keislaman agar mereka tidak menyimpang dari tarbiyah kenabian (pengembangan diri).

Jika ruang memungkinkan, tawarkan mereka sebuah ruangan di mana pekerjaan/kegiatan mereka dapat berlangsung tanpa gangguan dari pengunjung masjid lain. Beri mereka ruang dan kepercayaan dan perhatikan seberapa jauh kemajuannya.

Sertakan pemuda dalam kepengurusan masjid

Jika sebuah masjid benar-benar berkomitmen untuk transformasi, maka pilih orang muda dalam kepengurusan. Ini adalah ide revolusioner yang hanya akan dipertimbangkan oleh sedikit masjid. Tapi, representasi itu penting dan jika dilakukan dengan benar, ide ini menyatakan masjid benar-benar peduli kepada kaum muda Muslim di mana pun.

photo
Jumlah masjid terus tumbuh dengan kecepatan yang stabil - (Anadolu Agency)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement