Kamis 23 Dec 2021 13:14 WIB

Syekh Atha'illah Jelaskan Kondisi yang Mempercepat Terkabulnya Doa

Setiap manusia memiliki harapan dan keinginan yang dipanjatkan melalui doa.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Syekh Athaillah Jelaskan Kondisi yang Mempercepat Terkabulnya Doa
Foto: republika
Syekh Athaillah Jelaskan Kondisi yang Mempercepat Terkabulnya Doa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap manusia memiliki harapan dan keinginan yang dipanjatkan melalui doa-doa. Syekh Ibnu Atha'illah dalam Kitab Al-Hikam menerangkan ada kondisi dan situasi yang dapat mempercepat doa-doa dikabulkan oleh Allah SWT.

"Tidak ada yang menyegerakan (terkabulnya doa) kecuali saat terdesak dan tidak ada yang bisa mempercepat tibanya pemberian Allah kepada kamu, kecuali rasa rendah hati serta sikap membutuhkan." (Syekh Atha'illah, Al-Hikam).

Baca Juga

Terjemah kitab Al-Hikam oleh Ustadz Bahreisy menambah penjelasan perkataan Syekh Atha'illah dengan mengutip sejumlah ayat Alquran.

اَمَّنْ يُّجِيْبُ الْمُضْطَرَّ اِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوْۤءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاۤءَ الْاَرْضِۗ ءَاِلٰهٌ مَّعَ اللّٰهِ ۗقَلِيْلًا مَّا تَذَكَّرُوْنَۗ

 

Bukankah Dia (Allah) yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya, dan menghilangkan kesusahan dan menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah (pemimpin) di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Sedikit sekali (nikmat Allah) yang kamu ingat. (QS An-Naml: 62)

Orang yang terdesak keadaan atau terpaksa adalah mereka yang merasa sudah tidak ada daya dan tidak ada kekuatan lain yang dapat menolongnya, baik dari luar atau dari dirinya sendiri. Jadi tidak ada yang dapat menolongnya selain Allah SWT.

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement