Rabu 15 Dec 2021 14:59 WIB

Tujuh Cara Memperkaya Hati dengan Alquran

Tafsir membantu mengungkap rahasia Alquran dan menjelaskan makna tersembunyi.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Tujuh Cara Memperkaya Hati dengan Alquran
Foto: Dok Lentera Hati
Tujuh Cara Memperkaya Hati dengan Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Alquran digambarkan sebagai obat. Seperti dalam firman Allah surat Yunus ayat 57, 

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Baca Juga

Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Alquran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.

Tak hanya itu, setidaknya terdapat tujuh cara mendapatkan kekayaan hati melalui Alquran. Melansir laman About Islam, tujuh cara tersebut sebagai berikut.

Membaca Alquran

Membaca beberapa halaman Alquran setiap hari, terutama setelah sholat Subuh adalah cara terbaik untuk tetap berada di jalan kebenaran dan berpegang pada tali Allah.

Disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Abu Dawud,

 عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِي الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Dari Abdullah bin 'Amr, ia berkata; Rasulullah shallAllahu wa'alaihi wa sallam bersabda: "Dikatakan kepada orang yang membaca Alquran: "bacalah, dan naiklah, serta bacalah dengan tartil (jangan terburu-buru), sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia, sesungguhnya tempatmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca."

Membaca terjemahan dan tafsirnya

 

Kita dapat memperoleh pemahaman yang baik tentang realitas jika kita memahami Alqur'an dengan benar. Kita dapat membaca terjemahan dan tafsir dariseorang ulama yang berpengetahuan dan khusus. Tafsir membantu mengungkap rahasia Alquran dan menjelaskan makna tersembunyi dari kata-kata, ayat dan surat.

photo
Infografis Empat Jenis Obat dalam Alquran - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement