Rabu 15 Dec 2021 05:15 WIB

Pesan Dakwah Nabi Shaleh: Jangan Menguji Kebesaran Allah

Nabi Shaleh memerintahkan umatnya untuk berpaling dari perilaku buruk.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Pesan Dakwah Nabi Shaleh: Jangan Menguji Kebesaran Allah
Foto: MgIt03
Pesan Dakwah Nabi Shaleh: Jangan Menguji Kebesaran Allah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran memberitahu umat manusia tentang beberapa Nabi yang tidak disebutkan dalam kitab-kitab terdahulu. Salah satunya adalah mengenai kisah Nabi Shaleh.

Kisah serta pesan dakwah yang dibawakan Nabi Shaleh sangat menarik sebab Alquran menyebutnya berkali-kali. Dilansir di About Islam, Nabi Shaleh tinggal di wilayah Al-Hajr yang terletak di sepanjang jalur perdagangan dari Arab Selatan ke Suriah.

Baca Juga

Kota Madain Shaleh terletak beberapa ratus kilometer di utara Madinah, yang kini di era modern berada di bawah terotori kekuasaan Kerajaan Arab Saudi modern. Hunian yang terbuat dari batu di mana orang-orang tinggal masih terlihat di sana sampai hari ini.

Nabi Shaleh pada masanya diutus Allah untuk menyampaikan pesan kepada orang-orang Tsamud. Menurut Alquran, orang-orang ini mengolah tanah subur yang sangat kaya, dan mereka menjadi sangat sia-sia karena kekayaan mereka. Mereka juga menyembah banyak dewa, menindas orang miskin di tengah-tengah mereka dan menjalani kehidupan yang jauh dari jenis kehidupan yang Allah kehendaki untuk mereka jalani.

 

Kaum Tsamud dan unta

Pesan yang dibawa Nabi Shaleh sangat sederhana. Beliau memerintahkan umatnya untuk berpaling dari perilaku buruk dan sebaliknya, berbalik kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT yang memberi mereka semua hal baik yang mereka nikmati.

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement