Kamis 16 Dec 2021 05:05 WIB

Wanita Pengasuh Rasulullah SAW: Barakah binti Tsa'labah

Bagi Rasulullah SAW, Barakah atau Ummu Aiman layaknya seorang ibu.

Wanita Pengasuh Rasulullah SAW: Barakah binti Tsalabah
Foto:

Namun, di perjalanan. Ummu Aiman kehausan. Ia lantas mengangkat kedua tangannya, seraya berdoa, "Ya Tuhan, aku adalah pelayan Fathimah. Haruskah Fathimah membunuhku karena kehausan?" Maka Allah menurunkan satu timba air dari langit, lalu diminumnya. Sejak minum air tersebut, Ummu Aiman tak membutuhkan makanan dan minuman selama tujuh tahun.

Tatkala 'Ali ibn Abi Thalib berhijrah dari Makkah ke Madinah disertai beberapa wanita yang bernama Fathimah, yakni Fathimah ibn Asad, Fathimah binti Muhammad Rasulullah saw., dan Fathimah binti al-Zubair. Setibanya di Dhajnan, rombongan 'Ali ibn Abi Thalib menyusul Ummu Aiman dan sejumlah orang-orang mukmin yang lemah.

Akhirnya, mereka melanjutkan perjalanan bersama-sama, sambil berzikir mengingat Allah dalam setiap ke adaan mereka, hingga akhirnya berhasil berjumpa Nabi saw. Maka turunlah ayat, Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyia kan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari seba gian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik," (Ali Imran [3]: 195).

Ummu Aiman wafat 20 hari setelah Umar wafat.

sumber : Ensiklopedia Wanita Al-Qur'an oleh Imad al-Hilali terbitan Qaf Media Kreativa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement