Kamis 16 Dec 2021 05:05 WIB

Wanita Pengasuh Rasulullah SAW: Barakah binti Tsa'labah

Bagi Rasulullah SAW, Barakah atau Ummu Aiman layaknya seorang ibu.

Wanita Pengasuh Rasulullah SAW: Barakah binti Tsalabah
Foto:

Bahkan, sewaktu mendengar kabar kematian putranya Aiman dalam Perang Hunaian, ia tetap tegar. Dirinya yakin bahwa putra kesayangannya ada di sisi Allah demi mengharap ridha-Nya dan ridha Rasul-Nya."

Ummu Aiman benar-benar mempersiapkan diri untukmen dapatkan kedudukan tinggi di sisi Nabi saw. Namun, kedudukan itu tetap tak menghalangi beliau untuk mengajarinya.

Pasalnya, dalam beberapa kesempatan Ummu Aiman kerap melakukan kesalahan dalam bicara. Karena itu, beliau selalu mengajarinya bahkan tak ragu memerintahnya untuk tidak bicara. Hal itu terjadi saat ia datang menemui Nabi saw., sambil mengucap, "Salamun la 'alaiku." Kemudian, Nabi saw. mengingatkan bahwa ia cukup mengatakan "assalamu."

Diriwayatkan pula dari Abu al-Huwairits bahwa pada saat Perang Hunain, Ummu Aiman mengatakan, "Semoga Allah melepaskan (harusnya: meneguhkan) telapak kaki kalian." Dan Nabi saw, langsung menegurnya, "Diamlah, sebab engkau orang yang kerap salah bicara."

Sewaktu Siti Fathimah wafat, Ummu Aiman bersumpah dir nya tidak akan berada di Madinah karena tak kuasa memandang tempat-tempat putri Nabi itu berada. Ia kemudian berangkat ke Makkah.

 

sumber : Ensiklopedia Wanita Al-Qur'an oleh Imad al-Hilali terbitan Qaf Media Kreativa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement