Kamis 16 Dec 2021 05:05 WIB

Wanita Pengasuh Rasulullah SAW: Barakah binti Tsa'labah

Bagi Rasulullah SAW, Barakah atau Ummu Aiman layaknya seorang ibu.

Wanita Pengasuh Rasulullah SAW: Barakah binti Tsalabah
Foto:

Ummu Aiman sendiri menikah dengan 'Ubaid ibn Zaid dari Bani al-Harits ibn al-Khazraj. Dari pernikahannya dengan 'Ubaid, lahirlah Aiman yang kemudian turut mendampingi Rasulullah saw. dalam Perang Khaibar.

Disebutkan bahwa Siti Khadijah memiliki sahaya laki-laki bernama Zaid ibn Haritsah. Rasulullah saw. lantas meminta istrinya menghibahkan Zaid kepada dirinya. Maka setelah dimerdekakan, Zaid pun dinikahkan dengan Ummu Aiman setelah suaminya meninggal. Dari pernikahannya, lahirlah Usamah.

Walau usia sudah tak muda lagi, tetapi Ummu Aiman tak mau ketinggalan berjihad bersama Rasulullah saw. Dalam Perang Uhud, misalnya, bersama wanita yang lain, ia giat mengobati dan merawat para prajurit yang terluka serta memberi minum mereka yang kehausan.

Dalam Perang Khaibar, Rasulullah saw. berangkat bersama 20 orang wanita. Salah satunya adalah Ummu Aiman. Sedangkan putranya Aiman tidak ikut karena kudanya sakit. Namun, ibunya menyebutnya penakut.

Dalam Perang Mu'tah, Zaid ibn Haritsah gugur. Walau mendengar kabar suaminya tewas, Ummu Aiman tetap ikhlas dan besabar.

 

sumber : Ensiklopedia Wanita Al-Qur'an oleh Imad al-Hilali terbitan Qaf Media Kreativa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement