Kamis 16 Dec 2021 05:05 WIB

Wanita Pengasuh Rasulullah SAW: Barakah binti Tsa'labah

Bagi Rasulullah SAW, Barakah atau Ummu Aiman layaknya seorang ibu.

Wanita Pengasuh Rasulullah SAW: Barakah binti Tsalabah
Foto:

Ia mencurahkan cinta dan perhatian untuk menyayanginya, sebagaimana yang dilakukan kakeknya Abdul Muththalib. Melalui sosok Abdul Muththalib dan Ummu Aiman, Allah seakan ingin menggantikan kasih sayang kedua orang tua untuk Muhammad saw.

Sang kakek tak ragu menumpahkan kasih sayangnya kepada Muhammad saw. Bahkan, tak jarang ia berpesan kepada Ummu Aiman sebagai pengasuhnya, "Wahai Barakah, jangan sampai kau melalaikan putraku. Tadi aku mendapatinya bersama anak-anak lain di dekat pohon Sidrah. Selain itu, orang-orang Ahli Kitab meyakini bahwa putraku ini akan menjadi nabi di tengah umat ini."

Karena itu, begitu sang kakek wafat, Rasulullah saw. tertunduk sedih di belakang ranjang jenazahnya, sebagaimana dikatakan oleh Ummu Aiman, "Aku melihat Rasulullah saat itu menangis di belakang ranjang yang ditumpangi jenazah Abdul Muththalib."

Bagi Rasulullah saw., Ummu Aiman layaknya seorang ibu. Sehingga beliau sering memanggilnya dengan panggilan ummi yang berarti 'ibu: Pernah suatu ketika, beliau menatapnya dan berkata, "Beliau ini juga ahli baitku." Dalam kesempatan lain, beliau menyatakan, "Ummu Aiman adalah ibuku sepeninggal ibu kandungku."

Rasulullah saw. sendiri mewarisi Ummu Aiman dari ibunya Siti Aminah. Kemudian, beliau melepaskan diri dari asuhannya setelah menikah dengan Siti Khadijah.

 

sumber : Ensiklopedia Wanita Al-Qur'an oleh Imad al-Hilali terbitan Qaf Media Kreativa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement