Sabtu 04 Dec 2021 05:20 WIB

6 Langkah Agar Tetap Istiqamah di Jalan Allah

Istiqamah bisa dimulai dari langkah kecil asalkan konsisten.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
6 Langkah Agar Tetap Istiqamah di Jalan Allah
Foto:

3. Mengikuti sunnah

Istiqamah melibatkan seseorang untuk menganut paradigma hijrah kepada Allah dan Rasul-Nya. Ini tentang mengikuti sunnah Nabi Muhammad. Sebab, hanya melalui teladannya seseorang bisa memahami makna Alquran. Jika bisa melihat para sahabat Rasulullah dan cara mereka bertanya kepada Rasulullah, sungguh umat Islam mendapatkan wawasan yang dalam.

4. Konsistensi

Istiqamah bisa dimulai dari langkah kecil asalkan langkah itu konsisten seperti yang disebut dalam salah satu hadits. Rasulullah bersabda, “Amal yang paling dicintai Allah adalah yang konsisten meskipun sedikit,” (HR Bukhari dan Muslim). Tetap konsisten dalam beberapa hal itu penting karena konsistensi menghasilkan lebih banyak harapan.

5. Jalan lurus

Ramadhan adalah bulan di mana umat Islam dapat melihat jalan yang lurus. Saat Ramadhan umat Islam dapat menghabiskannya sepanjang bulan untuk beribadah dan berbuat kebaikan. Namun, menjelang akhir Ramadhan, semangat ibadah beribadah beberapa Muslim hilang.

Inilah waktu yang menjadi tantangan bagi Muslim untuk selalu berada di jalan yang lurus. Jika semangat ibadah surut, harus ditegakkan lagi.

6. Komoditas

Jalan ini bukanlah sesuatu yang harus kita perlakukan seperti komoditas. Ini bukan produk yang  dikeluarkan dan dibeli. Ini adalah cara, sebuah perjalanan yang panjang. Mungkin di tengahnya akan ada hambatan tapi ini adalah ide dan konsep yang dipegang untuk memungkinkan seseorang memahami kesulitan yang pasti akan datang.

Nabi Muhammad biasa berlindung dari ujian iman. Para sahabat pernah berkata kepada Nabi untuk meminta Allah membuat siksaan dan penganiayaan lebih ringan. Nabi Muhammad menjawab bahwa “kamu adalah orang-orang yang tergesa-gesa.”

Tetap di jalan yang lurus mungkin menyulitkan tapi dengan tetap melakukannya seseorang bisa belajar untuk mengatasi permasalahan yang akan datang.

https://aboutislam.net/spirituality/istiqamah-6-steps-for-keeping-straight-in-the-journey-to-allah/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement