Senin 04 Oct 2021 16:27 WIB

Tiga Cara Agar Sholat Menjadi Khusyuk

Sholat merupakan hal pertama yang akan dihisab.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Tiga Cara Agar Sholat Menjadi Khusyuk
Foto: republika
Tiga Cara Agar Sholat Menjadi Khusyuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat tiga cara yang dapat dilakukan seorang hamba agar dapat sholat dengan khusyu. Dikutip dari buku Jangan Takut Hadapi Hidup karya Aidh Abdullah Al-Qarny, hal pertama adalah melaksanakan sholat tepat waktu.

Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak akan menerima sholat apabila seseorang dengan sengaja menundanya hingga habis waktu tanpa ada alasan yang dibenarkan secara syara'. Sia-sialah sholatnya. 

Baca Juga

Selain itu, sholat merupakan hal pertama yang akan dihisab dan dimintai pertanggungjawaban di hari kiamat kelak. Maka, barangsiapa yang mau menjaganya, niscaya Allah Subhanahu wa Ta'ala akan memelihara dirinya pada hari dimana akal dan pikiran seseorang sudah tidak lagi berfungsi. 

Rasulullah ﷺ pernah bersabda kepada Ibnu Mas'ud ketika beliau ditanya tentang perbuatan apakah yang paling baik? Beliau menjawab, "Mendirikan sholat pada waktunya."

 

Kedua, mengerjakan sholat dengan berjamaah. Sholat fardhu haruslah dikerjakan secara berjamaah, kecuali karena alasan tertentu yang memang dibenarkan oleh syara'. 

Ketika suara adzan telah memanggil dengan seruannya, "Hayya alash shalah ... Hayya 'alal falah... (mari kita dirikan sholat ... mari kita gapai kebahagiaan...)" maka segeralah bangkit dari tempat tidur dan pergilah ke masjid agar Allah berkenan menjaga dan melindungimu. 

Ketiga, melakukannya dengan khusyuk dan tadarru, yaitu dengan membiarkan diri larut dan melebur bersama bacaan imam sambil menyimak bacaan Alquran yang sungguh luar biasa, bacaan yang mampu mengetuk pintu hati dunia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement