Jumat 09 Jul 2021 05:25 WIB

Amalan Lain Selain Haji di Bulan Dzulhijjah

Amalan ini khususnya dilakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Amalan Lain Selain Haji di Bulan Dzulhijjah. Ilustrasi qurban saat Idul Adha.
Foto:

Berdzikir

Berdzikir adalah salah satu aktivitas paling penting yang dilakukan umat Islam. Allah berfirman dalam surat Al-Hajj ayat 28:

لِّيَشْهَدُوْا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ فِيْٓ اَيَّامٍ مَّعْلُوْمٰتٍ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۚ فَكُلُوْا مِنْهَا وَاَطْعِمُوا الْبَاۤىِٕسَ الْفَقِيْرَ ۖ

“Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan Dia kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.”

Berdasarkan penafsiran Ibnu Abbas dan Imam Syafi’i serta ulama lain, hari-hari yang dimaksudkan dalam ayat tersebut adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Rasulullah bersabda “Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan lebih dicintai oleh Allah amal-amalnya dari hari-hari sepuluh awal Dzulhijjah. Maka perbanyaklah di hari-hari itu membaca tahlil, takbir, dan tahmid,” (HR Ahmad).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement