Kamis 08 Jul 2021 06:39 WIB

Lansia 75 Tahun Hafal Alquran dengan Mendengar

Muslimah Aljazair ini tak bisa membaca maupun menulis sama sekali.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Lansia 75 Tahun Hafal Alquran dengan Mendengar
Foto: republika
Lansia 75 Tahun Hafal Alquran dengan Mendengar

REPUBLIKA.CO.ID, ALJIR -- Seorang wanita lanjut usia di Aljazair membuktikan umur tidak menjadi penghalang baginya untuk bisa menghafalkan seluruh ayat Alquran. Ia adalah Hajiya Melisa Haiwani seorang Muslimah Aljazair yang berhasil mengkhatamkan hafalan Alqurannya di usia 75 tahun. 

Melisa tinggal di Setif sebuah kota di timur Aljazair. Sebenarnya Haiwani tak bisa membaca maupun menulis sama sekali. Keberhasilannya menghafal seluruh ayat Alquran dilakukan dengan cara mendengarkan setiap potongan-potongan ayat yang dibacakan. 

Baca Juga

Seperti dilansir Iqna.ir, Kamis (8/7), Melisa awalnya pergi ke Masjid Al Sabtayn di kotanya. Ia menemui seorang guru Alquran di masjid itu dan memintanya untuk membimbingnya menghafal Alquran.

Pada awalnya sang Guru pun meragukan hal itu, namun guru Alquran itu pun kagum dengan kesungguhan Melisa dan akhirnya mengajarnya. Tapi butuh proses dan waktu yang panjang bagi Melisa untuk bisa menghafalkan seluruh Alquran.

Melisa membutuhkan waktu 13 tahun untuk mempelajari setiap huruf dan kata dalam Alquran, kemudian menghafalnya dengan cara mendengar. Artinya ketika ia memulai untuk menghafal Alquran, usianya kala itu 62 tahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement