Jumat 09 Jul 2021 05:25 WIB

Amalan Lain Selain Haji di Bulan Dzulhijjah

Amalan ini khususnya dilakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Amalan Lain Selain Haji di Bulan Dzulhijjah. Ilustrasi qurban saat Idul Adha.
Foto:

Imam an-Nawawi mengatakan, “Dan di antara puasa sunnah adalah puasa sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah.” Selain puasa sembilan hari, ada juga puasa Tarwiyah. Hari Tarwiyah adalah tanggal 8 Dzulhijjah. 

Istilah ini berasal dari kata tarawwa yang artinya membawa bekal air. Hal ini karena pada hari itu, jamaah haji membawa banyak bekal air zamzam untuk persiapan Arafah dan menuju Mina. Mereka minum, memberi minum untanya, dan membawanya dalam wadah.

Terakhir, ada puasa Arafah. Bagi mereka yang tidak bisa puasa saat sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah, mereka bisa puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah atau yang lebih dikenal puasa Arafah. 

Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan sehari sebelum Idul Adha. Puasa ini mempunyai keutamaan besar dibandingkan puasa sunnah sembilan hari pertama Dzulhijjah.

Dari Abu Qatadah, Rasulullah bersabda, “…Puasa hari Arafah, saya berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai penebus (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya…” (HR Muslim).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement