Kamis 20 May 2021 03:46 WIB

Keadaan Seorang Muslim di Dalam Kubur, Seperti Apa?

Imam Ghazali menceritakan tentang bagaimana keadaan orang Muslim di dalam kubur.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Kematian (ilustrasi).
Foto:

Apabila ia mengucapkan perkataan ini, maka seorang penyeru menyatakan. "Engkau berkata benar!" 

Oleh karena itu Allah Azza wa Jalla dalam surat Ibrahim ayat 27 berfirman yang artinya.

"Allah meneguhkan orang-orang yang beriman dengan ucapan yang Teguh itu dalam kehidupan di dunia dan akhirat dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan berbuat apa yang dikehendaki."

Kemudian datanglah suatu sosok dengan wajah yang begitu cerah ceria serta mengenakan pakaian yang bagus dan wewangian seraya berkata. "Terimalah kabar gembira dengan rahmat dari Tuhanmu dan surga sebagai tempat yang kekal abadi." 

Bertanyalah ruh kepada sosok yang datang itu. "Kiranya Allah telah memberi tahu engkau kabar gembira, siapakah engkau?" Sesungguhnya sosok itu menjawab. 

"Aku adalah amal salehmu. Demi Allah aku tidak tahu bahwa Engkau adalah orang yang bersegera ke pada taat ibadah dan menghindari diri dari maksiat durhaka, maka kiranya Allah memberimu balasan kebajikan."

Kemudian seorang penyeru berseru, "Hamparkan lah baginya permadani kehormatan surga, lalu bukakanlah pintu baginya ke surga." 

Kemudian ia berkata. "Ya Allah Tuhanku, datangkanlah segera kebangkitan kiamat sehingga aku bisa kembali kepada anggota keluargaku dan hartaku segera."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement