Sabtu 15 May 2021 06:36 WIB

Baca Doa Ini Agar Harmonis Saat Masuk Rumah

Tak hanya membaca doa saja, suami istri perlu saling berbicara lembut.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Dwi Murdaningsih
Suami-istri (ilustrasi)
Foto: republika
Suami-istri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membaca doa adalah adab bagi seorang Muslim. Tak terkecuali saat membacanya ketika hendak masuk rumah.

Syekh Aidh Al-Qarni dalam kitab La Tahzan menjelaskan, senyuman adalah sebuah awal yang indah ketika seorang suami atau istri saling bertemu di dalam rumah. Senyuman adalah pernyataan awal untuk sebuah kesepakatan dan harmoni.

Baca Juga

Dengan sebuah awal yang baik pula, bila saat masuk rumah maka seseorang hendaknya berdoa: "Allahumma inni as-aluka khaira al-maulaji wa khaira al-makhraji bismillahi wa lajna wa bismillahi kharajna wa alallahi rabbina tawakalna."

Yang artinya: "Ya Allah aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar. Dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar. Dan kepada Allah lah kami bertawakal."

Tak hanya membaca doa saja, agar rumah tangga tetap harmonis maka Syekh Aidh Al-Qarni menyampaikan bahwa seorang suami perlu untuk berbicara yang lembut dan baik kepada istrinya. Begitupun dengan istri kepada suaminya. Saling bertukar senyum dan bertutur kata yang baik akan menciptakan kebahagiaan rumah tangga.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement