Kamis 09 Apr 2020 14:01 WIB

10 Bunga Kebahagiaan Menurut Syekh Aidh Al-Qarni

Pedoman hidup berbahagia berdasarkan Alquran.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
10 Bunga Kebahagiaan Menurut Syekh Aidh al-Qarni.
Foto: Mgrol120
10 Bunga Kebahagiaan Menurut Syekh Aidh al-Qarni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis buku fenomenal La Tahzan Syekh Aidh al-Qarni menjabarkan kiat-kiat hidup berbahagia. Pedoman hidup berbahagia ala beliau selalu berdasarkan landasan agama yang bersumber dari Alquran.

Syekh Aidh al-Qarni dalam buku La Tahzan menjelaskan, 10 bunga kebahagiaan bisa dimulai dengan bangun saat menjelang fajar untuk beristighfar. Hal itu sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam Alquran surat Ali Imran ayat 17: "Dan yang memohon ampun pada waktu sahur.”

Baca Juga

Kedua, menyendiri untuk bertafakur. Allah SWT berfirman dalam surat Ali Imran ayat 191 yang berbunyi: “Dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi."

Ketiga, menjalin hubungan dengan orang saleh. Allah berfirman dalam surat al-Kahfi ayat 28 yang berbunyi: "Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang yang menyeru Rabbnya."

 

Keempat, berdzikir. Anjuran berdzikir bahkan sering diingatkan, baik yang bersumber dari Alquran maupun dari hadits Rasulullah SAW.

Kelima, melakukan sholat dua rakaat dengan khusyuk. Allah SWT berfirman dalam surat al-Mu’minum ayat 2 yang berbunyi: “Yaitu orang-orang yang khusyuk dalam sholat mereka.”

Keenam, membaca Alquran dengan tadabur. Ketujuh, berpuasa pada hari yang sangat panas. Rasulullah SAW pernah bersabda: “Meninggalkan makanan, minuman, dan syahwatnya karena (Allah).”

Kedelapan, melakukan sedekah secara sembunyi-sembunyi. Kesembilan, meringankan beban seorang Muslim. Terakhir, berlaku zuhud terhadap sesuatu yang bersifat fana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement