Kamis 29 Apr 2021 15:57 WIB

Pesan Cinta di Balik Ayat Pertama Surat Al Insyirah 

Ayat pertama surat Al Insyirah mempunyai pesan yang mendalam

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Ayat pertama surat Al Insyirah mempunyai pesan yang mendalam. Alquran (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Ayat pertama surat Al Insyirah mempunyai pesan yang mendalam. Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kitab suci Alquran telah diturunkan kepada umatnya melalui perantara Nabi Muhammad ﷺ. Wahyu ini diturunkan sebagai pedoman hidup bagi umat Islam.

Di dalam Alquran, ada banyak ayat yang diturunkan dalam bahasa yang rapi, indah, dan sempurna. Di antara ayat yang indah itu adalah, اَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ "Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?" (QS Al Insyirah 1).

Baca Juga

Dalam kehidupan ada kesusahan, kekhawatiran, dan lainnya, namun Allah SWT senantiasa melapangkan dada hamba-Nya. Meski ada rasa kepayahan dalam masalah hidup, di baliknya Allah ﷻ menurunkan ketenangan di hati. Allah SWT melapangkan dada, dan mengisinya dengan cinta, cahaya, dan keindahan. 

Dikutip dari laman Youm7 pada Kamis (29/4), menurut Ibnu Katsir, Allah SWT mengatakan, (اَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ) yang berarti “Kami telah melapangkan dada untukmu,” maksudnya kami telah melapangkan dadamu dengan memberikan cahaya ada di dadamu yaitu menjadikan lapang dan luas. Sebagaimana Allah SWT sebutkan dalam ayat ini

 

 فَمَنۡ يُّرِدِ اللّٰهُ اَنۡ يَّهۡدِيَهٗ يَشۡرَحۡ صَدۡرَهٗ لِلۡاِسۡلَامِ‌ۚ "Barangsiapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan dadanya untuk (menerima) Islam." (QS Al Anam 125).

 

Sumber: youm7

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement