Ahad 25 Apr 2021 16:15 WIB

Apa Saja Hak Anak dalam Islam?

Anak adalah perhiasan hidup yang juga bisa menjadi ujian.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Apa Saja Hak Anak dalam Islam?
Foto:

Hak lain yang sama tidak dapat dicabut adalah hak legitimasi, yang menyatakan setiap anak akan memiliki seorang ayah, dan hanya satu ayah. Selanjutnya, hak anak ialah berada di bawah pengasuhan, sosialisasi, dan perawatan/perhatian umum.

Merawat anak dengan baik adalah salah satu perbuatan paling terpuji dalam Islam. Nabi SAW sangat memperhatikan dan menyukai anak-anak. Bahkan, Rasulullah SAW pernah menyatakan umatnya (umat Muslim) akan terkenal di antara umat lainnya karena kebaikannya kepada anak-anak.

Sesuatu yang menjadi tingkat amal yang lebih tinggi ialah memperhatikan kesejahteraan spiritual, kebutuhan pendidikan, dan kesejahteraan umum anak-anak. Perhatian dan tanggung jawab untuk kesejahteraan anak adalah prioritas utama.

Sesuai ajaran Nabi SAW, pada hari ketujuh dari kelahiran sang anak hendaknya diberi nama yang baik dan menyenangkan. Selain itu, hendaknya rambut kepalanya dicukur, sembari memperhatikan tindakan bersih lain yang diperlukan guna pertumbuhan yang sehat mereka.

Dalam hal ini ditegaskan, merawat anak, tanggung jawab dan kasih sayang terhadap anak adalah kewajiban agama dan juga bentuk kepedulian sosial. Apakah orang tua masih hidup atau sudah meninggal, ada atau tidak ada, diketahui atau tidak, anak-anak harus diberikan perawatan yang optimal.

Pelaksana atau kerabat yang cukup dekat akan diarahkan untuk melaksanakan tugas dalam bertanggung jawab atas kesejahteraan anak tersebut. Namun, jika tidak ada kerabat terdekat, mengasuh anak menjadi tanggung jawab bersama dari seluruh komunitas Muslim dan pemerintah.

 

https://aboutislam.net/shariah/shariah-and-humanity/shariah-and-life/childs-rights-parents-duties/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement