Ahad 25 Apr 2021 16:15 WIB

Apa Saja Hak Anak dalam Islam?

Anak adalah perhiasan hidup yang juga bisa menjadi ujian.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Apa Saja Hak Anak dalam Islam?
Foto:

Dalam Islam ditegaskan setiap orang pada dasarnya berhubungan dan mempertanggungjawabkan diri masing-masing langsung dengan Tuhan. Prinsip moral dari posisi ini adalah setiap individu, orang tua atau anak, berhubungan langsung dengan Allah dan bertanggung jawab secara mandiri atas perbuatannya.

Tidak ada anak yang bisa membebaskan orang tuanya pada Hari Penghakiman. Sebaliknya, orang tua juga tidak dapat menjadi perantara atas nama anaknya.

Selanjutnya, Islam juga sangat peka terhadap ketergantungan penting anak pada orang tua. Peran penting orang tua dalam membentuk kepribadian anak sangat diakui dalam Islam.

Dalam haditsnya, Nabi Muhammad SAW menyatakan setiap anak dilahirkan dengan sifat iman yang benar atau secara fitrah Islam, namun orang tuanyalah yang kemudian bisa menjadikannya seorang Yahudi, Kristen atau kafir. Lantas, apa saja hak anak dalam Islam?

Salah satu hak anak yang paling tidak dapat dicabut dalam Islam ialah hak untuk hidup dan kesempatan hidup yang setara. Menjaga kehidupan anak adalah perintah selanjutnya dalam Islam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement